Al-Fathanah Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Vol 2, No 2, Oktober (2022): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam

SUPERVISI AKADEMIK: STRATEGI MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PEMBLAJARAN

Fetty Eliyani (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2023

Abstract

Supervisi akademik merupakan kegiatan pembinaan dengan memberi bantuan secara teknis kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberi ruang yang cukup bagi prakarsa kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Melalui perencanaan pembelajaran yang baik diharapkan akan mempermudah pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui kegiatan supervisi akademik di SD Negeri Lamreung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang meliputi empat tahap kegiatan, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 selama tiga bulan, yaitu mulai Juli sampai September 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri Lamreung yang berjumlah 22 orang dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan secara klasikal tentang kompetensi guru dalam menyusun RPP pada kondisi awal (pra siklus) kemampuan guru yang tuntas adalah 43,75%. Pada siklus I terjadi peningkatan 25% sehingga menjadi 68,75%. Pada siklus II, kemampuan guru tuntas meningkat 25% sehingga menjadi 93,75%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD Negeri Lamreung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar Tahun pelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fathanah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Al-Fathanah : Jurnal studi Islam dan Pendidikan Agama Islam is a journal published by Islamic Education of Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh. Focus on conceptual research on Islamic education studies in general which includes Philosophy of Islamic Education, Islamic teaching ...