Fenomena kenakalan remaja menunjukkan pendidikan di sekolah perlu adanya gerakan da‘wah. Guru bukan hanya sekedar mengajar tapi juga menjadi da‘i, demikian juga anak didik bukan sekedar murid tapi juga sebagai mad‘u. Hal ini menunjukkan adanya peran guru sebagai da‘i. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran dan pendapat para pakar dalam bidang da‘wah dan pendidikan bagaimana peran guru sebagai da‘i dalam gerakan da‘wah di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode library research dan pembahasan peran guru sebagai da‘i mencakup dua hal yang tak terpisahkan, yakni bagaimana peran guru sebagai da‘i dan bagaimana pelaksanaan da‘wah di sekolah. Hasil penelitian didapatkan bahwa peran guru sebagai da‘i ditentukan dengan adanya guru yang bertindak sebagai pendidik dan pembimbing peserta didik agar mendapat kesuksesan dunia dan akhirat, guru sebagai contoh teladan, sebagai orang yang memahami keadaan jiwa peserta didik, sebagai penyaji materi da‘wah di sekolah, sebagai penyedia media da‘wah di sekolah, sebagai pengguna metode da‘wah di sekolah, dan guru sebagai pengamat efek da‘wah di sekolah. Pelaksanaan da‘wah di sekolah diawali dengan menjadikan sekolah sebagai medan da‘wah. Kemudian adanya manajemen da‘wah, adanya komunikasi antara guru dengan peserta didik yang mengandung nilai-nilai da‘wah, dan adanya gerakan amar ma‘ruf nahi mungkar di sekolah
Copyrights © 2023