Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isu-isu pendidikan selama pandemi Covid-19 yang berkaitan dengan program merdeka belajar dan sistem pembelajaran secara online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan kajian kepustakaan (library research). Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara studi dokumentasi berupa literatur, hasil penelitian, jurnal ilmiah, serta kebijakan-kebijakan pemerintah terkait dengan konsep merdeka belajar dan kebijakan belajar di masa pandemi covid-19. Hasil penelitian adalah merdeka belajar terlahir dari banyaknya keluhan orangtua/wali siswa pada sistem pendidikan nasional yang telah diberlakukan selama ini, salah satunya mengenai patokan nilai-nilai tertentu. Pihak Kemendikbud menyampaikan bahwa mereka sangat ingin menciptakan suasana menyenangkan ketika proses belajar mengajar di sekolah. Proses pembelajaran pada saat sekarang ini sedang mengalami perubahan. Pemerintah telah mengeluarkan SKB 4 Menteri tentang pedoman penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Merebaknya kasus pandemi Covid-19 sejak Desember 2019 sampai saat ini mengharuskaan semua proses kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik untuk sementara waktu dilakukan di rumah. Meluasnya kasus pandemi Covid-19 sejak bulan Desember tahun 2019 sampai sekarang ini, sangat berdampak pada proses pembelajaran di sekolah. Hal ini membuat semua proses pembelajaran di sekolah harus dilaksanakan di kediamannya masing-masing. Itu dilakukan agar memperkecil peluang untuk kontak secara fisik, yang bertujuan untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus tersebut.
Copyrights © 2022