Pembelajaran akidah akhlak merupakan pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai keyakinan yang kuat kepada Allah swt serta mengajarkan siswa agar dapat mengenal dan mengimani Allah swt yang selanjutnya dapat merealisasikan dalam perilaku yang mulia dalam kehidupan pribadi dan bermasyarakat. Dengan adanya pembelajaran akidah akhlak, maka siswa khususnya anak usia sekolah dasar akan mampu membedakan nilai baik dan buruk dari sikap dan perbuatan dengan sesama manusia. Oleh karena itu harus dilakukan oleh pihak-pihak terkait, seperti orang tua, lembaga pendidikan, serta masyarakat secara kontinyu. Dalam hal ini dibutuhkan berbagai strategi pembelajaran yang menarik agar dapat meningkatkan minat anak dalam mempelajari bidang studi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan teknik penelitian lapangan (field research) dan pustaka (library research). Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aqidah akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh dilakukan dengan peningkatan mutu pembelajaran aqidah akhlak, menyelenggarakan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler, membiasakan hidup disiplin di kalangan siswa, menerapkan program 8K (keamanan, kebersihan, keindahan, ketertiban, kerindangan, kekeluargaan, kesehatan dan keagamaan) dalam setiap rutinitas siswa, menggunakan metode uswah/keteladanan, menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode pembiasaan, metode kisah, metode arahan, bimbingan atau nasehat serta metode hukuman. Faktor terlaksananya yang mendukung pembelajaran aqidah akhlak, yaitu kemampuan intelektual siswa, semangat belajar siswa yang kuat, dukungan dari orangtua serta dukungan dari lingkungan pertemanan anak dengan siswa yang pintar dan rajin. Sementara faktor penghambat pelaksanaannya ialah kurangnya kepedulian siswa terhadap mata pelajaran yang disampaikan guru dan masih ada siswa yang malas belajar, dan sering terganggunya konsentrasi saat belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022