Al-Fathanah Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Vol 2, No 1, April (2022): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam

TART?B AL-NUZ?L DALAM PERSPEKTIF M. ?BID AL-J?BIR?

Muhammad Fadhilah (UNMUHA)
Mulyazir Mulyazir (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin menggali seberapa jauh keberhasilan M. ?bid al-J?bir? dalam mengkontekstualkan penafsirannya menggunakan teori tart?b an-nuz?l. Kronologi pewahyuan al-Quran yang tidak tersusun secara berurutan serta tart?b al-mu??af bersifat tauq?f? atau ijtih?d? yang terus diperbincangkan oleh sebagian intelektual muslim menjadikan teori tart?b al-nuz?l menurut M. ?bid al-J?bir? dan apa implikasi dari teori tersebut terhadap penafsiran al-Quran sebagai pusat kajian peneliti. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research). Hasil dari penilitian ini menunjukan bahwa konsep paling utama dalam teori tart?b al-nuz?l adalah materi historis yang berkaitan langsung dengan latar historisitas pewahyuan dan historisitas kenabian (s?rah nabawiyyah). Penyusunan urutan tart?b al-nuz?l oleh al-J?bir? sendiri lebih memusatkan perhatiannya terhadap gaya bahasa (usl?b) dan isi yang dikandung oleh surat-surat al-Quran serta menyandarkannya kepada pendapat ulama yang paling kuat. Al-J?biri sendiri meyakini bahwa untuk mendapatkan pemahaman objektif dari kandungan al-Quran perlu melihat keselarasan antara perkembangan historisitas pewahyuan dan perkembangan historisitas kenabian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fathanah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Al-Fathanah : Jurnal studi Islam dan Pendidikan Agama Islam is a journal published by Islamic Education of Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh. Focus on conceptual research on Islamic education studies in general which includes Philosophy of Islamic Education, Islamic teaching ...