Mahad Daarut Tahfizh Al-Ikhlas merupakan lembaga pendidikan yang mendidik para santri mampu menghafal Al-Quran 30 Juz dan menguasai ilmu agama Islam secara mendalam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) sistem pembelajaran pada Mahad Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar; (2) upaya ustazh guru dalam meningkatkan pembelajaran pada Mahad Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar; dan (3) faktor keberhasilan dan penghambat pelaksanaan pembelajaran pada Mahad Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi pada Mahad Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar. Adapun hasil penelitian yaitu (a) Sistem pembelajaran pada Mahad Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar yaitu memadukan antara kurikulum pesantren dengan kurikulum Kemenag. (b) Upaya peningkatan pembelajaran pada Mahad Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar meliputi aspek kebijakan, kepemimpinan, fasilitas pendidikan dan pelaksanaan proses pembelajaran. (c) Faktor keberhasilan dan penghambat. Faktor keberhasilan yaitu jasmani-rohani, motivasi santri, kondisi lingkungan, dan kedisiplinan guru. Faktor penghambat yaitu santri lalai dan tidak istiqamah, santri banyak melakukan pelanggaran, kesehatan santri, lemahnya ingatan dan tidak konsisten dengan satu Mushaf, dan tidak fokus pada pelajaran tahfizh, kualitas guru, kemampuan ekonomi, dan pengaruh lingkungan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021