Al-Fathanah Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Vol 2, No 2, Oktober (2022): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam

STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MNINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN PADA SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH

Mamni Mamni (Universitas Terbuka)
Tuti Purwoningsih (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2023

Abstract

Kepemimpinan dalam pendidikan menjadi salah satu kunci dalam pelaksanaan pendidikan yang efektif. Pemilihan gaya kepemimpinan yang tepat dapat membantu sekolah meningkatkan mutu lulusan dan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai gaya kepemimpinan yang digunakan dalam upaya meningkatkan kinerja tenaga kependidikan, menjabarkan strategi yang digunakan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan pendidik dan tenaga kependidikan saat bekerja dari rumah. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah bersifat demokratis, memiliki kepedulian, disiplin, inisiatif, kebijaksanaan, keterbukaan dan rasa stabilitas yang tinggi sehingga seluruh warga sekolah merasa nyaman dan bersemangat saat berada di lingkungan sekolah. Strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan, yaitu dengan mengikutsertakan tenaga kependidikan dalam pelatihan dan lomba yang dilaksanakan oleh kementerian pendidikan dan dinas terkait, memberikan kesempatan kepada tenaga kependidikan dan staf sekolah untuk berkolaborasi, dan memberikan reward atau penghargaan kepada guru dan staf.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fathanah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Al-Fathanah : Jurnal studi Islam dan Pendidikan Agama Islam is a journal published by Islamic Education of Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh. Focus on conceptual research on Islamic education studies in general which includes Philosophy of Islamic Education, Islamic teaching ...