Kepemimpinan dalam pendidikan menjadi salah satu kunci dalam pelaksanaan pendidikan yang efektif. Pemilihan gaya kepemimpinan yang tepat dapat membantu sekolah meningkatkan mutu lulusan dan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai gaya kepemimpinan yang digunakan dalam upaya meningkatkan kinerja tenaga kependidikan, menjabarkan strategi yang digunakan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan pendidik dan tenaga kependidikan saat bekerja dari rumah. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah bersifat demokratis, memiliki kepedulian, disiplin, inisiatif, kebijaksanaan, keterbukaan dan rasa stabilitas yang tinggi sehingga seluruh warga sekolah merasa nyaman dan bersemangat saat berada di lingkungan sekolah. Strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan, yaitu dengan mengikutsertakan tenaga kependidikan dalam pelatihan dan lomba yang dilaksanakan oleh kementerian pendidikan dan dinas terkait, memberikan kesempatan kepada tenaga kependidikan dan staf sekolah untuk berkolaborasi, dan memberikan reward atau penghargaan kepada guru dan staf.
Copyrights © 2022