Fakta rendahnya penerapan pembelajaran tematik di SD IT Al-Furqon Hamparan Perak, dimana sebagian besar siswa belum mencapai standar ketuntasan minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah metode Role Playing ini dapat dipergunakan untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada kelas tinggi di sekolah SDIT Al-Furqon Hamparan Perak dan juga guna untuk menjabarkan langkah-langkah penerapan metode role playing pada peserta didik di SDIT Al-Furqon. Jenis penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif guna untuk melihat bagaimana meningkatkan atau memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDIT Al-Furqon Hamparan Perak, yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan yang digunakan peneliti yaitu menggunakan data tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode role playing pada pembelajaran tematik ini dapat mengembangkan hasil belajar siswa selama dikelas. Dalam menerapkan metode role playing dikelas, guru diminta untuk memperhatikan hal-hal berikut : (1) Guru wajib menentukan tema terlebih dahulu, (2) Langkah-langkah metode role playing dilakukan secara keseluruhan dalam sekali pertemuan, (3) Menciptakan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan tetapi tetap dalam suasana kondusif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024