Matematika mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dalam mengembangkan daya pikir manusia. Oleh karena itu, pelajaran matematika perlu diberikan kepada peserta didik di setiap jenjang sekolah, baik tingkat Sekolah Dasar, menengah maupun perguruan tinggi. Matematika diberikan untuk membekali peserta didik kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apa saja problematika pembelajaran matematika pada materi perkalian di kelas II SDN 03 Menganti serta untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan problematika pembelajaran Matematika di SDN 3 Menganti yaitu terdapat beberapa peserta didik kelas yang merasa kesulitan dalam belajar dan menyelesaikan tugas Matematika materi perkalian. Upaya yang dilakukan oleh guru adalah melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan kesukaan peserta didiknya, serta melakukan komunikasi dengan orang tua peserta didik secara langsung untuk memberitahukan bagaimana perkembangan anaknya di sekolah dan meminta mereka untuk ikut berkontribusi dalam mengembangkan potensi yang dimiliki anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023