Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab
Vol 3 No 1 (2021): Volume 3 Nomor 1 April 2021

KAJIAN LAFAL DARI SEGI LUAS DAN SEMPITNYA MAKNA (Lafal ‘Ām, Khāṣ, Amr, dan Nahiy)

Sardiyanah Sardiyanah (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)
Andi Muh. Taqiyuddin BN (UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, memaparkan tentang bagaimana kehujjahan lafal ‘Ām, Khāṣ, Amr, dan Nahiy, dan untuk menjelaskan Implementasi lafal ‘Ām, Khāṣ, Amr, dan Nahiy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian adalah library research dan menggunakan metode pendekatan linguistik dan normatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Lafal al-‘Ām sebelum di-takhṣiṣ, ada yang mengatakan bahwa dia adalah ḥujjah ẓanniyah dan ḥujjah qaṭ’iyyah. Kemudian lafal khāṣ adalah hujjah, karena para ulama sepakat bahwa dilālah-nya lafal khāṣ adalah qaṭ’i. Adapun lafal Amr dan Nahiy adalah bagian dari lafal khāṣ, kemudian dari sinilah dapat dipahami juga bahwa lafal Amr dan Nahiy dapat dijadikan sebagai hujah, karena dilālah-nya lafal khāṣ adalah qaṭ’iy. 2) Implementasi Lafal ‘Ām, Khāṣ, Amr, dan Nahiy masing-masing tidak hanya mencakup pada asalnya, namun luas cakupannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

naskhi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aim Naskhi Journal: Journal of Education and Arabic Language Studies is a journal that focuses on the study of Arabic language education as a foreign language, Arabic linguistics, the history of Arabic language education, as well as various critical studies about the problems of learning Arabic ...