Permasalahan yang terjadi belum tepatnya metode pembelajaran yang diterapkan guru, serta kebosanan siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan berupa seberapa peningkatan aktivitas menyimak siswa membuat denah berdasarkan petunjuk yang didengar, dan seberapa besar peningkatan kemampuan menyimak siswa membuat denah berdasarkan petunjuk yang didengar menggunakan metode permainan mencari harta karun. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas menyimak siswa membuat denah berdasarkan petunjuk yang didengar dan mengetahui peningkatan kemampuan menyimak siswa membuat denah berdasarkan petunjuk yang didengar. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian diambil melalui tes dan nontes. Alat pengambilan data yang digunakan instrumen tes unjuk kerja permainan mencari harta karun dan instrumen tes membuat denah. alat pengambilan data yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal siswa dan jurnal guru, dan wawancara. Analisis data yang digunakan secara kualitatif. Pada siklus I nilai rata-rata 65,71, sedangkan pada Siklus II siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dengan dibuktikan peningkatan nilai rata-rata 77,69. Berdasarkan dari hasil data tersebut disimpulkan bahwa, metode permainan mencari harta karun dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada materi membuat denah berdasarkan petunjuk diberikan kepada siswa. Temuan dalam penelitian ini adalah melalui permainan mencari harta karun, siswa dapat: (1) mengekspresikan diri, melatih kepekaan dan kekayaan bahasanya, (2) meningkatkan keterampilan menulis, (3) mengidentifikasi objek, simbol, dan lokasi tertentu.
Copyrights © 2022