cover
Contact Name
M Rusli B
Contact Email
mruslib@gmail.com
Phone
+6285242908070
Journal Mail Official
pusdig.id@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Lumandi Permai Blok B19, Kec. Wara Selatan, Palopo
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Dieksis ID
ISSN : -     EISSN : 28087038     DOI : https://doi.org/10.54065/28087038
Core Subject : Education, Art,
Jurnal Dieksis ID merupakan Jurnal atau publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Dieksis ID menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang ditulis berdasarkan hasil kajian dan kajian literatur di bidang Bahasa, Sastra, Budaya, dan Seni pada pendidikan dasar, menengah, tinggi, dan Kelompok Belajar.
Articles 61 Documents
Peran Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Kelas X MAN 3 Kota Palembang Andarusni Alfansyur; Akhmal Hawi; Saipul Annur; Win Afgani; Maryamah Maryamah
Jurnal Dieksis ID Vol. 1 No. 1: Januari - Juni 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/dieksis.1.1.2021.43

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana peran budaya sekolah dalam pembentukan sikap disiplin siswa kelas X MAN 3 Kota Palembang. Latar belakang dalam penelitian ini adalah bahwa penting untuk mengembangkan sikap disiplin seorang siswa di tengah perubahan zaman. Metode yang diapakai dalam artikel ini adalah studi kasus dengan teknik wawancara dan studi dikumentasi. Hasil yang didapatkan adalah bahwa dengan budaya sekolah yang baik dalam hal ini MAN 3 Kota Palembang menerapakan sistem boarding school maka dapat memberikan peran yang sangat berpengaruh dalam pembentukan sikap disiplin siswa
Pengaruh Kompetensi Guru dan Persepsi Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Inggris Achmad Sumali; Surasni Surasni; Oki Iqbal Khair
Jurnal Dieksis ID Vol. 1 No. 1: Januari - Juni 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/dieksis.1.1.2021.44

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaktif Gaya Belajar dan Penguasaan Kosakata secara bersama-sama terhadap Keterampilan Membaca. Untuk mengetahui pengaruh Gaya Belajar dan untuk mengetahui pengaruh Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Membaca. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimental. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa Kelas Bahasa Inggris A sebagai kelas eksperimen untuk Gaya Belajar Audio dan Gaya Belajar Visual, sedangkan Kelas Bahasa Inggris B terdiri dari 30 siswa sebagai kelas Kontrol untuk Kosakata Tinggi dan Kosakata Rendah. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan tes hasil belajar, Analisis data diperoleh dengan menerapkan analisis deskriptif dan analisis statistik dengan Anova 2 jalur.
The Important Role of English Songs in Learning English For Young Learners Rizkia Odie Fitriana
Jurnal Dieksis ID Vol. 1 No. 1: Januari - Juni 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/dieksis.1.1.2021.45

Abstract

The atmosphere of the class will come alive if the teacher gives life to his class, for example giving encouragement and motivation every day. Teachers must understand how to create effective classes to begin the learning process. The media of the song can be used for learning activities in the classroom. Songs are used to add new vocabulary in English, facilitate the ability to speak, and practice hearing ability. The method used is qualitative with a descriptive approach. The result of this study is to improve the understanding of teachers and young people on the importance of learning from an English song to improve the ability of the English language
Membaca Sastra dengan Aplikasi Wattpad Karmila Karmila; Besse Herdiana
Jurnal Dieksis ID Vol. 1 No. 1: Januari - Juni 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/dieksis.1.1.2021.46

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca siswapada pembelajaran cerpen melalui media wattpad. Penelitian ini dilaksanakan di MA Salubanga. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel total atau sensus. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. hasil analisis menunjukkan Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan media Wattpad pada pembelajaran membaca siswa untuk mengetahui kemampuan membaca cerpen siswa dengan tolak ukur jika 85% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas, maka dianggap mampu. Tetapi jika 85% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai di bawah 70, maka dianggap tidak mampu. Apabila dikonfirmasikan dengan KKM maka kemampuan membaca siswa melalui media wattpad di MA Salubanga dikatakan belum mampu
Hubungan Kebiasaan Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UNCP) Abdul Rahim Ruspa; Nirwana Nirwana
Jurnal Dieksis ID Vol. 1 No. 1: Januari - Juni 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/dieksis.1.1.2021.47

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Hubungan Kebiasaan Membaca terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Cokroaminoto Palopo. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasi. Lokasi atau objek penelitian ini adalah prodi pendidikan bahasa Indonesia Universitas Cokroaminoto Palopo. Hasil penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kebiasaan membaca yang diperoleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Cokroaminoto Palopo, yaitu 69,11, sedangkan nilai rata-rata kemampuan menulis deskripsi yang diperoleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Cokroaminoto Palopo, yaitu 73,57. Hasil pencapaian KKM kebiasaan membaca mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Cokroaminoto Palopo yang mendapat nilai 75 ke atas sebanyak 10 sampel (28,57%) dan mahasiswa yang mendapat nilai di bawah 75 sebanyak 25 sampel (71,42%), sedangkan hasil pencapaian KKM kemampuan menulis deskripsi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Cokroaminoto Palopo yang mendapat nilai 75 ke atas sebanyak 13 sampel (37,14%), sedangkan mahasiswa yang mendapat nilai di bawah 75 sebanyak 22 sampel (62,85%). Hasil tersebut diperkuat dari analisis korelasi yang menyatakan perolehan rtabel untuk n = 35 dengan taraf kesalahan 5%, maka rtabel adalah 0,374, sedangkan untuk rhitung adalah 0,936. Ketentuan bila rhitung lebih kecil dari rtabel, maka H0 diterima dan H1 ditolak, tetapi bila rhitung lebih besar dari rtabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Meningkatkan Kemampuan Siswa Menerapkan Unggah Ungguh Basa dalam Pelajaran Bahasa Jawa Melalui Strategi Pemberian Peran Pada Siswa SMPN 2 Mejayan Kabupaten Madiun Ani Tri Wahyuni
Jurnal Dieksis ID Vol. 1 No. 2 (2021): July - December 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/dieksis.1.2.2021.75

Abstract

Siswa SMPN 2 Mejayan memiliki masalah tidak bisa menerapkan pola unggah ungguh dalam berkomunikasi dengan lawan bicara mereka. Peneliti berasumsi bahwa siswa tidak atau belum memahami pola unggah ungguh dalam bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan unggah ungguh basa dalam pelajaran bahasa jawa. Strategi pembelajaran Pemberian Peran merupakan salah satu metode pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar unggah ungguh basa. Secara sederhana penerapan strategi Pemberian Peran dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa membuat skenario percakapan dalam bahasa Jawa ngoko secara berkelompok. Kemudian setiap kelompok mengubah percakapan tersebut menjadi bahasa Jawa krama. Kedua percakapan, bahasa Jawa ngoko dan krama, dipresentasikan oleh setiap kelompok di depan kelas. Guru menjelaskan mengevaluasi hasil kerja siswa dengan memperluas cakupan pelajaran sesuai dengan materi yang telah ditentukan. Indikator keberhasilan peningkatan hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari 75% siswa lolos KKM (dengan nilai 75). Hasil penelitian yang didapat dari data post-test memperlihatkan bahwa pada prasiklus terdapat 55% (19 orang) siswa tuntas KKM. Lalu, pada siklus 1 terdapat 76% (26 orang) siswa tuntas KKM. Kemudian, pada siklus 2 terdapat 82% (28 orang) siswa tuntas KKM. Data tersebut memperlihatkan terjadi peningkatan dari prasiklus sampai siklus 2. Dan keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus 2, yaitu 82% siswa tuntas KKM atau lebih dari 75% siswa tuntas KKM.
Hasil Belajar Seni Budaya Materi Pokok Musik Ansambel Melalui Model Pembelajaran PMPDR Suhaeni
Jurnal Dieksis ID Vol. 1 No. 2 (2021): July - December 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/dieksis.1.2.2021.76

Abstract

Berbagai permasalahan masih terus muncul dalam proses pembelajaran seni budaya di setiap satuan pendidikan termasuk di SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa. Salah satu permasahan yang mendasar adalah siswa tidak mampu mempraktekkan teori belajar Seni budaya khususnya materi pokok musik ansambel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa dalam pembelajaran Seni budaya melalui penerapan model PMPDR. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX A SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa dengan jumlah siswa 35 orang yang terdiri dari 22 orang siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dilakukan 2 kali pertemuan dan siklus II juga dilakukan 2 kali pertemuan, yang dilakukan selama 2 bulan. Hasilnya peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran PMPDR ini adalah (i) Hasil belajar siswa Kelas IX A SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa pada siklus I (Tindakan I dan Tindakan II), masuk dalam kategori tinggi dengan jumlah nilai rata-rata 69,50 sedangkan pada siklus II (Tindakan I dan Tindakan II), mengalami kemajuan dengan kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 79,50 (ii) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa Kelas IX A SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa melalui penerapan model pembelajaran PMPDR, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Sehubungan dengan hasil di atas, maka dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran ini dinilai cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Seni budaya karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam mempraktekkan Musik ansambel
Kritik Sastra Feminisme: Subordinasi dalam Novel Kembang Jepun Karya Remy Sylado Besse Syukroni Baso
Jurnal Dieksis ID Vol. 1 No. 2 (2021): July - December 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/dieksis.1.2.2021.77

Abstract

Perbedaan yang jelas antara konsep tentang jenis kelamin melahirkan ketidakadilan, baik kaum laki-laki dan terutama bagi kaum perempuan. Hal inilah yang mendorong lahirnya gerakan feminis yang salah satu tujuannya ialah memperoleh kesastraan antara laki-laki dan perempuan. Berdasarkan karakteristik masalah yang dikaji, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus pengamatan penelitian ini adalah ketidakadilan gender yang terdapat dalam novel Kembang Jepun Karya Remy Sylado. Sesuai dengan karakteristik data penelitian yaitu melekat pada dokumen yang berbentuk novel, maka kegiatan dan langkah–langkah dalam mengumpulkan data dilakukan dengan beberapa teknik, seperti membaca, mencatat, dan mengestimasi. Hasil Analisis Ketidakadilan Gender Khusus Subordinasi dalam Novel Kembang Jepun Karya Remy Sylado berupa sikap yang memandang rendah terhadap kaum perempuan, menganggap perempuan sebagai manusia kelas dua serta tidak diprioritaskan dalam pengambilan keputusan, baik dalam lingkungan keluarga maupun dalam lingkungan politik. Salah satu bentuk ketidakadilan tersebut, yakni adanya kecenderungan merendahkan, serta meremehkan peran perempuan dalam segala segi kehidupan.
Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Untuk Materi Reference Teks Bahasa Inggris Menggunakan Strategi Robinhood Arrow Miftakul Andriani; Riskawati Riskawati
Jurnal Dieksis ID Vol. 2 No. 2 (2022): Juli - Desember 2022
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/dieksis.2.2.2022.78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan membaca untuk Materi Referensial Teks Bahasa Inggris Menggunakan Strategi Robinhood Arrow Siswa SMP Negeri 1 Dagangan. Penelitian ini dilkanakan dalam 2 siklus menggunakan teknik pengumpulan data dari observasi dan tes. Tes formatif yang dilakukan setiap akhir siklus. Siswa diberi teks sederhana yang berisi kata rujukan (referesce) kemudian siswa menghubunkan dengan tanda panah sesui dengan kata yang dirujuk tersebut. Kemudian siswa menjawab pertanyaan tentang kata rujukan dari teks. setelah melalui dua siklus dapat disimpulkan bahwa jumlah siswa yang mendapatkan nilai dengan predikat baik dan amat baik meningkat dari 6,25% menjadi 90,63. Sehingga terdapat peningkatan 84,38% jumlah siswa yang tuntas atau mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa Strategi Robinhood Arrow mampu meningkatkan kemampuan pemahaman siswa baik secara klasikal maupun ketuntasan belajar siswa
Improving Simple Oral Descriptive Monologue Skills Using Video Media for Students Istiqomah Istiqomah; Hendra Baharuddin
Jurnal Dieksis ID Vol. 2 No. 2 (2022): Juli - Desember 2022
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/dieksis.2.2.2022.79

Abstract

This Class Action Research was carried out at SMP Negeri 1 Gemarang in class VIII-A students, the research subjects were 22 students. Researchers collected data using qualitative and quantitative techniques. Data collection using qualitative techniques was carried out by way of interviews, observation while data collection through qualitative techniques was carried out by carrying out pre-tests and post-tests so as to produce an average test score. The results of the average score show that there is an increase in students' English-speaking ability; the average score increased from 71.22 in the pre-test to 76.81 in the post-test I and 85.40 in the post-test II. Based on the description above learning by using video media can improve the skills of expressing simple oral descriptive monologues that are acceptable to class VIII-A students of SMP Negeri 1 Gemarang. The findings in this study is that there is a change in student behavior which is more interested during the teaching and learning process. While there were a few weaknesses, namely the students were very enthusiastic but still constrained by shyness and fear, students were busy while practicing dialogue, in general the authors found an increase in speaking skills even though there were a few mistakes in pronouncing English words (mispronounced).