Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA SDN Mlilir 01 kelas IV tentang materi perubahan lingkungan dengan menggunakan pendekatan STAD. Subjek penelitian mereka ada 32 siswa, 20 laki-laki dan 12 perempuan. Studi ini menggunakan lembar observasi guru, yang merupakan jenis penelitian tindakan kelas. diskusi kelompok, dan pencapaian siswa. Observasi siswa dan hasil belajar adalah cara pengumpulan data dilakukan. Studi ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Studi ini terdiri dari dua siklus, masing-masing 35 menit. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan dengan pendekatan STAD dapat meningkatkan prestasi siswa. Siklus pertama mencapai ketuntasan belajar sebesar 54.17%, dan siklus kedua mencapai ketuntasan belajar sebesar 95.83%. Oleh karena itu, Hasil studi menunjukkan bahwa metode dapat diterapkan. Hasil belajar siswa kelas IV SDN Mlilir 01 dapat ditingkatkan dengan menggunakan STAD dalam pembelajaran IPA
Copyrights © 2023