cover
Contact Name
M Rusli B
Contact Email
mruslib@gmail.com
Phone
+6285242908070
Journal Mail Official
pusdig.id@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Lumandi Permai Blok B19, Kec. Wara Selatan, Palopo
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu
ISSN : -     EISSN : 28087232     DOI : https://doi.org/10.54065/28087232
Jurnal PELITA atau Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu  merupakan karya ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Pelita menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang ditulis berdasarkan hasil kajian dan kajian literatur di bidang Pembelajaran IPA Terpadu pada pendidikan dasar, menengah, dan tinggi, serta teknologi pembelajaran. Jurnal Pelita menerbitkan edisinya dua kali setahun yaitu pada bulan juni dan desember. Fokus Kajian & Ruang Lingkup, Seperti (1) Implementasi Pembelajaran Tematik dan IPA Terpadu, (2) Penerapan Model/Metode/Strategi Pembelajaran IPA Terpadu, (3) Pengembangan Aplikasi dan Media Pembelajaran IPA Terpadu, (4) STEAM (Science, Technology, Eengineering, Art, Mathematic), (5) Proses dan Hasil Pembelajaran Biologi, Fisika, dan Kimia dll
Articles 99 Documents
Peningkatan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Round Table pada Pembelajaran IPA di kelas IV SDN 41 Kota Palopo Sunardin, Sunardin; Megayanti, Megayanti
Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/pelita.1.1.2021.38

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan yaitu, (1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Round Table pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV SDN 41 Kota Palopo, (2) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui penerapan model Round Table pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV SDN 41 Kota Palopo. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV SDN 41 Kota Palopo. penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan. Pertemuan dari setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan model round table dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 41 Kota Palopo. yakni pada siklus I dengan nilai rata-rata 76 dengan persentase ketuntasan 75%, dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 86 dengan persentase ketuntasan 85%
Analisis Home Visit Method Dalam Pembelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV Di SDN 020 Pombuntang Yanti, Rosmalah; Sari, Inda
Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/pelita.1.1.2021.39

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apa yang menjadi latar belakang dilaksanakannya home visit method dan bagaimana pelaksanaan home visit method kemudian apakah berdampak terhadap hasil belajar siswa dimasa pandemi covid-19 pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN 020 Pombuntang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian silang atau cross sectional survey. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah SDN 020 Pombuntang, guru kelas IV SDN 020 Pombuntang dan juga siswa kelas IV SDN 020 Pombuntang. Data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjunakan bahwa yang melatar belakangi dilaksanakannya home visit method di SDN 020 Pombutang ialah banyaknya kendala yang terjadi pada saat pembelajaran secara daring, kemudian pelaksanaan home visit method dilakukan degan tiga tahapan yakni; tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi, dan dampak dari dilaksanakannya home visit method sebagai alternatif pembelajaran dimasa pandemi covid-19 yaitu menurunnya hasil belajar siswa dimana beberapa siswa merasakan bahwa belajar dengan pelaksanaan home visit method ini kurang menyenangkan, tetapi ada juga yang senang dengan dilaksanakannya home visit method. Siswa merasa mendapat kesulitan dengan metode ini dikarenakan lingkungan dan suasana belajar yang tidak sama seperti pada saat proses pembelajaran dilakukan disekolah sebelum adanya covid-19. Hal tersebut membuat siswa kurang dalam mencapai kompetensi yang seharusnya dicapai pada pembelajaran IPA, hal tersebut membuat minat dan hasil belajar siswa mengalami penurunan dibanding pada saat belajar normal disekolah sebelum adanya covid-19.
Pengaruh Minat Belajar Dan Dukungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 433 Bajoe Nurasia, Nurasia; Gustiani, Gustiani
Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/pelita.1.1.2021.40

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan dukungan keluarga terhadap hasil belajar IPA siswa SDN 433 Bajoe. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto dengan sampel penelitian sebanyak 30 responden yaitu siswa kelas IV SDN 433 Bajoe yang diperoleh dengan teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket langsung tertutup yang terdiri atas 21 item pernyataan variabel minat belajar dan 20 item pernyataan variabel dukungan keluarga. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji regresi ganda pada taraf siginfikan = 0,05 dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh positif antara minat belajar dengan hasil belajar IPA siswa SDN 433 Bajoe dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel, yaitu 5,407 > 2,052. Kedua, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara dukungan keluarga dengan hasil belajar IPA siswa SDN 433 Bajoe dengan nilai Sig. 0,030 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel, yaitu 2,567 > 2,052. Ketiga, terdapat pengaruh positif secara bersama-sama antara minat belajar dan dukungan keluarga terhadap hasil belajar IPA siswa SDN 433 Bajoe dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 24,552 > 3,34.
Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Anshori, Fitrah Al; Sukmawati, Sukmawati
Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/pelita.1.1.2021.41

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga pada materi klasifikasi makhluk hidup pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini dilakukan pada bulan juli 2021 dikelas VII B pada semester ganjil 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. metode ini dilakukan melalui empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang-ulang dengan langkah-langkah yang sama. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus I dan terdapat 10 siswa dengan persentase 35,71% yang telah mengalami peningkatan hasil belajar (mencapai nilai KKM). Pada siklus II mengalami peningkatan dari 10 siswa menjadi 24 siswa atau dengan persentase 85,71%. Dari hasil tersebut sebagian besar siswa sudah mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga. berdasarkan hasil analisis peneliti maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga pada materi klasifikasi makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Identifikasi Miskonsepsi Mata Kuliah Kimia Dasar Melalui Tes Pilihan Ganda Berbantuan Response Index Pada Mahasiswa STKIP PI Makassar Munandar, Haris
Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/pelita.1.1.2021.42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa mlalui tes pilihan ganda berbantuan CRI (Certainty of Response Index). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes pilihan ganda berbantuan Certainty of Response Index (CRI) dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa miskonsepsi masih terjadi pada materi kimia dasar. Miskonsepsi yang tertinggi untuk yaitu pada materi konsep ilmu kimia (31,43%). Miskonsepsi disebabkan oleh penjelasan yang belum detail, metode pembelajaran yang diterapkan guru dan pemahaman mahasiswa sendiri
Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang Sultan, Muhammad Asrul; Paurru, Tri Putri
Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/pelita.1.2.2021.59

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran visual, auditory, kinesthetic terhadap peningkatan hasil belajar IPA di SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain Pre-experimental dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Pada pengujian hipotesis dalam analisis statistik inferensial menggunakan uji Paired Sample T-Test. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran visual, auditory, kinesthetic mampu meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang.
Peningkatan Prestasi Belajar IPA melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar pada Siswa Kelas VII-A SMPN 1 Pilangkenceng Kabupaten Madiun Suprapti, Ari
Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/pelita.1.2.2021.89

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar materi klasifikasi makhluk hidup dan benda pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Pilangkenceng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 32 siswa di kelas VIIA yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan yaitu bulan Agustus sampai Oktober 2019. Teknik yang digunakan adalah observasi dan tes. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah pada saat penilaian jika siswa sudah mencapai nilai minimal 70. Setelah melakukan dan menyelesaikan pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar lingkungan sekitar sekolah terlihat bahwa terjadi kenaikan ketuntasan belajar siswa dari siklus 1 sebesar 62.5% menjadi 90,62%, hal ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa.
Pengembangan Bahan Ajar Biologi Materi Ruang Lingkup Biologi Dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Kelas X SMAN 5 Palopo Budianto, Yulia; Syakur, Akhmad; Yunus, Nur Muhajirah
Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/pelita.1.2.2021.90

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kevalidan bahan ajar biologi materi Ruang Lingkup Biologi dengan model pembelajaran Flipped Classroom pada kelas X SMA Negeri 5 Palopo, (2) kepraktisan bahan ajar biologi materi Ruang Lingkup Biologi dengan model pembelajaran Flipped Classroom pada kelas X SMA Negeri 5 Palopo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari pengembangan Borg and Gall meliputi tahap pengumpulan data/informasi, perencanaan, pengembangan bentuk produk, validasi dan uji coba awal, serta uji coba ahkir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar e-modul yang dikembangkan valid dan praktis dan dapat dijadikan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Hasil validasi ahli materi yaitu 82 dari skor maksimal 100 dengan kriteria baik, dan ahli media dengan nilai 84 dari skor maksimal 100 berada pada kriteria sangat baik, serta hasil respon guru dengan nilai 95 dari skor maksimal 100 yang merupakan kriteria sangat baik, dan respon siswa dengan nilai 79 dengan kriteria baik
Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Siswa Kelas X SMAN 10 Luwu Utara Grasela, Joice Nanda; Syakur, Akhmad; Syam, Sukmawati
Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/pelita.1.2.2021.91

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 10 Luwu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi siswa kelas X MIPA di SMAN 10 Luwu Utara sebanyak 54 siswa dan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas yaitu 27 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes hasil belajar, angket dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan uji statistik dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan Uji t jenis independent sample t-test. Hasil uji deskriptif untuk motivasi belajar siswa didapatkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 83,63 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata perolehan yaitu 79,59. Hasil uji deskriptif untuk data hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 75,41 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 68,74. Hasil analisis Uji t terhadap motivasi belajar siswa didapatkan sig.(2-tailed) 0,003<0,05. Demikian pula hasil analisis Uji t terhadap hasil belajar siswa yang menunjukkan sig.(2-tailed) 0,026<0,05. Berdasarkan hasil analisis dilakukan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMAN 10 Luwu Utara
Penerapan Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 93 Tombang Wiwin, Wiwin; Yanti, Rosmalah; Ma’rufi, Ma’rufi
Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/pelita.1.2.2021.98

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas V SDN 93 Tombang dengan menggunakan strategi pembelajaran practice rehearsal pairs. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN 93 Tombang dengan jumlah siswa 12 orang terdiri dari 6 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes, instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 36% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89%. Untuk hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran IPA, pada siklus I sebesar 50% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,66%. Penelitian ini mencapai ketuntasan klasikal yaitu >85%.

Page 1 of 10 | Total Record : 99