Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu
Vol. 2 No. 2 (2022): Desember 2022

Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Tematik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa di SMP Al Madina 1 Nabire

Risti Ningsih (SMP Al Madina 1 Nabire Papua)
Nurul Fuady Adhalia (Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pembelajaran IPA terpadu berbasis tematik mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan karakteristik siswa. Kelompok prates-posttes yang dirancang terdiri dari 30 siswa dari salah satu SMP Al Madina 1 Nabire, Papua. Untuk pengambilan sampel, metode purposive sampling digunakan. Data tentang keterampilan berpikir kritis dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, sedangkan karakter siswa dikumpulkan melalui angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa ditingkatkan melalui pembelajaran IPA terpadu berbasis tematik, dengan N-gain sebesar 0,52. Sepuluh siswa termasuk dalam kategori baik dengan nilai terendah untuk aspek kepedulian lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA terpadu berbasis tematik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa SMP kelas VII. Model TISL juga meningkatkan sifat siswa seperti takwa, jujur, kerja keras, disiplin, tanggung jawab, mandiri, rasa ingin tahu, komunikasi, kerja sama, dan kepedulian terhadap lingkungan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal PELITA atau Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu  merupakan karya ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Pelita menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang ditulis berdasarkan hasil kajian dan kajian literatur di bidang Pembelajaran IPA Terpadu pada pendidikan dasar, ...