Pembelajaran daring adalah salah satu alternatif disarankan selama pandemi agar virus tidak menyebar dengan luas. Berbagai aplikasi dan metode pembelajaran daring dapat dilakukan oleh guru, diantaranya yaitu Schoology. Schoology merupakan salah satu platform inovatif yang dibangun dan dikembangkan berdasarkan inspirasi dari media sosial facebook dengan tujuan untuk kepentingan pendidikan. Platform ini dikembangkan pada tahun 2009 di New York. Schoology membantu guru dalam membuka kesempatan komunikasi yang luas kepada siswa agar siswa dapat lebih mudah untuk mengambil peran/bagian dalam diskusi dan kerjasama dalam tim. Selain itu, Schoology juga didukung oleh berbagai bentuk media seperti video, audio dan gambar yang dapat menarik minat siswa. Schoology mengarahkan siswa mengaplikasikan berbagai teknologi dalam pembelajaran. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja motivasi, kesan yang dialami oleh siswa/i SMA Cendana Pekanbaru pada aplikasi schoology yang menjadi sebuah ikon, dimana seluruh Sekolah Cendana memakai applikasi schoology dari sejak tahun 2018. Pada penelitian ini yang menjadi responden adalah siswa kelas XII sebanyak 10 orang. Angket yang diberikan terdiri dari 6 pernyataan dengan opsi jawaban sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif merupakan salah satu dari jenis penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Metode deskriptif merupakan suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angketdalam format google form. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis, hendaknya guru menggunakan aplikasi pembelajaran yang lebih bervariasi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan motivasisiswa dalam belajar serta aplikasi yang tidak sulit di mengerti oleh siswa.
Copyrights © 2021