Jurnal Literasi Digital
Vol. 1 No. 3 (2021): November 2021

Meningkatkan Kemampuan Mengukur Hubungan Arus Listrik dan Beda Potensial dalam Pembelajaran Listrik Dinamis dengan Media Laboratorium Virtual Circuit Construction Kit pada Siswa Kelas IX-A SMPN 3 Saradan

David Kurniawan (SMPN 3 Saradan Kab Mediun)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bagaimanakah proses dan hasil peningkatan kemampuan mengukur hubungan arus listrik dadn beda potensial dalam pembelajaran listrik dinamis di masa pandemic covid-19 dengan media Media Laboratorium Virtual Circuit Construction Kit. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 9a SMP Negeri 3 Saradan tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian dilakukan dengan metode pentlitian tindakan kelas )PTK) yang terjadi dalam dua siklus, yaitu siklis I dan sijkue II. Data diperoleh dari instrument penelitian, yaitu silabus, RPP, pedoman penskoran, dan catatan hasil observasi. Pada siklus I keaktifan siswa sebesar 69%, ketuntasan belajar 75% dengan rata-rata nilai 79,35. Karena belum memenuhi kriteria keberhasilan, dibutuhkan penerapan siklus II. Pada siklus II keaktifan siswa 89%, ketuntasam belajar 85% dengan rata-rata nila 81,60.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jld

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Literasi Digital imerupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Literasi Digital menerbitkan hasil penelitian dibidang teknologi pendidikan dan pembelajaran. Artikel pada jurnal menyajikan isu terkait Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Sistem Pembelajaran ...