Jurnal Literasi Digital
Vol. 2 No. 1 (2022): Maret 2022

Penerapan Blanded Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis TIK

Taufik Taufik (SMA Negeri 1 Kolaka Utara)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar Pembelajaran TIK siswa yang diperoleh dari hasil observasi awal siswa kelas XI di SMAN 1 Lasusua 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Siswa pada materi Operasi bilangan Bulat dengan Penerapan model belajar Blended Learning Pada kelas XI SMAN 1 Lasusua Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Diketahui jumlah siswa kelas XI SMAN 1 Lasusua yang berjumlah 22 Siswa. Desain PTK menggunakan beberapa model yang meliputi perencanaan, tindakan observasi, Serta refleksi teknik pengumpulan data menggunakan observasi angket dan tes analisis data yang digunakan Statistik deskriptif, kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model belajar blended learning terjadi peningkatan prestasi belajar Pembelajaran TIK siswa kelas XI di SMAN 1 Lasusua tahun pelajaran 2020/2021 hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya skor rata-rata prestasi belajar dari awal sampai Siklis II dimana Refleksi awal rata-rata prestasi belajar siswa dan pada siklus I rata-rata prestasi belajar siswa hal ini menunjukan terjadi peningkatan yang cukup pesat Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model blended learning pada siswa kelas XI di SMAN 1 Lasusua tahun pelajaran 2020/2021 dapat meningkatkan prestasi belajar Pembelajaran TIK Siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jld

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Literasi Digital imerupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Literasi Digital menerbitkan hasil penelitian dibidang teknologi pendidikan dan pembelajaran. Artikel pada jurnal menyajikan isu terkait Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Sistem Pembelajaran ...