Jurnal Literasi Digital
Vol. 2 No. 3 (2022): November 2022

Efektivitas Penggunaan Google Meet dalam Pembelajaran Daring terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa

Astika Rose (SDN Sogo 01 Balerejo Kabupaten Madiun)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Latar belakang penelitian ini adanya virus Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran daring dengan menggunakan Google Meet terhadap peningkatan hasil belajar Dan 2) Bagaimana efektifitas penggunaan Google Meet dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar siswa?. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SDN Sogo 01 dengan karakteristik seluruh siswa kelas VI Tahun ajaran 2021/2022 semester ganjil dan tercatat masih aktif. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, hasil belajar pretest dan post-test, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas penggunaan Google Meet dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SDN Sogo 01 Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. Temuan dalam penelitian ini adalah Dalam proses pengambilan data berupa hasil belajar yang diberikan kepada responden terkadang tidak menunjukkan hasil yang sebenarnya karena dalam penerapan pembelajaran daring siswa masih dibantu oleh orang tua dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jld

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Literasi Digital imerupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Literasi Digital menerbitkan hasil penelitian dibidang teknologi pendidikan dan pembelajaran. Artikel pada jurnal menyajikan isu terkait Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Sistem Pembelajaran ...