Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan listening siswa di SMPN 11. Metode penelitian yang digunakan adalah Tindakan Kelas yang dilakukan dalam lima (5) siklus. Tiap-tiap siklus dilaksanakan dalam satu pertemuan yang dilaksanakan di dalam laboratorium audio visual Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Jumlah subjek penelitian sebanyak 37 orang siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua teknik pengambilan data yaitu observasi dan pengukuran. Alat-alat pengambilan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar catatan lapangan, dan soal-soal listening. Dalam menganalisa data pada data kualitatif dengan cara merangkum data, penyajian data, dan menyimpulkan data atau verifikasi. Pada data kuantitatif dianalisis dengan mengkalkulasikan nilai individu dan nilai rata-rata dari hasil tes listening. Dari hasil analisis data, maka ditemukan peningkatan yang konsisten pada tiap siklus penelitian. Kata Kunci: listening, Task-Based Instructional, Peneltian Tindakan Kelas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020