Mobile Learning merupakan pembelajaran menggunakan perangkat teknologi gengam bergerak yang lekat dengan kehidupan sehari-hari. Mobile learning dapat memfasilitasi pembelajaran jarak jauh dan mendorong pengalaman belajar mandiri karena dapat menyajikan materi pembelajaran kapan-pun dan dimana-pun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan mobile learning berbasis android pada mata pelajaran IPA di kelas VII. Metode penelitian mengunakan Research and Development (R&D) dan menerapkan model 4-D. Model 4 D terdiri dari empat tahapan yaitu: tahapĀ penerjemahan (define), tahap perencanaan (design), pengembangan develop), dan penyebarluasan (disseminate). Uji Kelayakan mobile learning dinilai oleh dua valiador ahli media dan dua validator ahli materi serta respon dari 20 orang peserta didik. Hasil penelitian pada tahap pengembangan oleh ahli materi dan ahli media termasuk dalam kategori sangat layak, serta respon peserta didik dalam kategori layak. Kemudian mobile learning berbasis android di ujicobakan kepada 10 orang peserta didik untuk meningkatkan minat belajar dan menghasilkan rata-rata N-Gain dengan nilai 0,35 yang dikategorikan dalam peningkatan sedang. Sehingga mobile learning berbasis android yang telah dikembangkan layak digunakan pada mata pelajaran IPA serta dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada kategori sedang. Peneliti merekomendasikan agar mobile learning berbasis android yang berhasil dikembangkan dapat dilanjutkan dengan menambah variasi media seperti vidio pembelajaran dan bagi pendidik serta peserta didik peneliti menyarankan agar media yang telah dikembangkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam membantu pelaksanakan proses pembelajaran.
Copyrights © 2021