cover
Contact Name
Qomario
Contact Email
qomario@ulm.ac.id
Phone
+6285381847926
Journal Mail Official
qomario@ulm.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
J-INSTECH: Journal of Instructional Technology
ISSN : -     EISSN : 30627443     DOI : https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2
Core Subject : Science, Education,
J-INSTECH: Journal of Instructional Technology is a scientific journal that contains and disseminates the results of research, scientific studies and educational technology development that contributes to the understanding, development of theories and concepts of science, and Its application to education and thorough learning. The focus of J-INSTECH: Journal of Instructional Technology is an innovative work on the development of models, strategies, approaches, techniques and tactics in learning and development of effective educational multimedia to contribute positively to the world Education. The journal is published twice a year in April and October and is circulated as an educational publication, especially in education technology or other related fields.The circulation for limited circles, and enthusiasts can obtain it by replacing the print and postage costs.
Articles 71 Documents
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN-SN PASAR LAMA 3 BANJARMASIN Putri Ni'mah Azizah; Dian Agus Ruchliyadi; Agus Hadi Utama
J-INSTECH Vol 5, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/j-instech.v5i2.12015

Abstract

Proses pembelajaran memerlukan media pembelajaran untuk menunjang proses tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android, serta (2) untuk meningkatkan hasil minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research & development). Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan metode analisis pengembangan Borg & Gall yaitu, perencanaan, pengembangan, validasi, revisi, produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian ahli media diperoleh dari validator sebesar 85% dengan kategori “sangat layak”. Hasil dari ahli materi diperoleh validator sebesar 86% dengan kategori “sangat layak”. Peningkatan minat belajar siswa mendapat nilai gain sebesar 2,37 dengan kategori “sangat layak”. Dan hasil penelitian dan data menyimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata Pelajaran IPA layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa.
EVALUASI VIDEO TUTORIAL PROSES PRODUKSI MULTIMEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK SMKN 1 AMUNTAI Khairunnisa Khairunnisa; Hamsi Mansur; Zaudah Cyly Arrum Dalu
J-INSTECH Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/j-instech.v4i2.8759

Abstract

Video tutorial digunakan dalam rangka menarik perhatian dan kemandirian siswa dalam memahami materi, sesuai dengan video yang dikembangkan terdapat visualisasi berupa gambar, dan materi yang dapat di mengerti oleh siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan dan kelayakan isi, media dan desain pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, teknik analisis statistik deskriptif dan jenis evaluasi formatif. Subjek dari penelitian ini peserta didik kelas XII Multimedia SMKN 1 Amuntai, dan objek dari penelitian ini media pembelajaran video tutorial proses produksi multimedia. Sehingga dapat disimpulkan media video tutorial di kategorikan “Layak dan Efektif” menjadi sumber belajar pada mata pelajaran Teknik Audio Video kelas XII Smkn 1 Amuntai.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI Wildan Maulana Ma’ruf; Agus Salim; Adrie Satrio
J-INSTECH Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/j-instech.v3i1.8870

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran bahasa inggris kelas XI. Pengembangan media pembelajaran berfokus pada materi offer & suggestion serta opinion & thought. Selanjutnya jenis penelitian yang diterapkan dan dimanfaatkan berupa penelitian dan pengembangan atau (Research & Development). Model pengembangan pada penelitian ini adalah model 4D dengan 4 tahapan utama. Tahapan dalam model pengembangan ini meliputi tahap define, design, development, dan dessiminate. Pada penelitian ini pengumpulan data memanfaatkan angket, wawancara, dan observasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis kuantitatif deskriptif menggunakan skala likert. Hasil penelitian yang didapatkan dari validasi kelayakan materi mendapatkan total skor sebesar 80% dan memperoleh penilaian “sangat layak”, sementara dari validasi kelayakan media pembelajaran mendapatkan total nilai sebesar 91,18% dan memperoleh penilaian “sangat layak”. Kemudian penilaian angket respon siswa memperoleh total skor 87,11% dan mendapatkan penilaian interprestasi “sangat baik”. Dari keseluruhan penilaian kemudian dirata-rata kembali sehingga mendapatkan skor total 86,09% dan masuk kedalam kategori “sangat layak”.  Media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam membantu guru melaksanakan proses pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa inggris.
STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII MTS Rabiatul Adawiyah; Hamsi Mansur; Mastur Mastur
J-INSTECH Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/j-instech.v1i1.3652

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Negeri 2 Banjarmasin, 2) Mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan strategi Cooperative Learning tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan beberapa siklus, diantaranya siklus I, siklus II, dan siklus III, sedangkan langkah-langkah dari strategi tipe STAD adalah; 1) Penyampaian tujuan dan motivasi, 2) Pembagian kelompok, 3) Presentasi dari guru, 4) Kegiatan belajar dalam tim, 5) Kuis/Evaluasi, 6) Penghargaan prestasi tim. Hasil penelitian ini adalah; Pretest diawal menghasilkan nilai 1260 dengan rata-rata 63%, hasil dari siklus I adalah 1360 dengan rata-rata 68%, siklus II adalah 1640 dengan rata-rata 82%, dan siklus III adalah 1920 dengan rata-rata 96%. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI PELAJARAN TEMATIK MEMBACA PADA SISWA KELAS 1 SDN RANTAU KIWA SATU Muhammad Sirajul Huda; Agus Salim; Susanti Sufyadi
J-INSTECH Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/j-instech.v2i2.9457

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk menguraikan proses pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa di kelas 1 SDN Rantau Kiwa 1. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan Model pengembangan Kemp yang terdiri dari beberapa langkah yaitu identifikasi masalah, analisis siswa, analisis tugas, merumuskan indikator, urutan isi, pengembangan produk, riset intruksional, evaluasi instrumen dan validasi produk. Hasil Validasi media oleh dua ahli media menunjukkan nilai 3,96 dan 3,875 dengan prosentase 79% dan 76,5%, maka disimpulkan bahwa media ini layak untuk digunakan pada pembelajaran, sementara hasil uji validasi dua ahli materi menunjukan nilai 4.00 dan 4.05 dengan prosentase 80% dan 81%, maka disimpulkan bahwa media ini sangat layak digunakan untuk menunjang pembelajaran dan keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN Rantau Kiwa 1.
Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mastur Mastur
J-INSTECH Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/j-instech.v3i1.7837

Abstract

Kurikulum Prototipe rencananya akan diterapkan di sekolah-sekolah pada tahun pelajaran 2020. Kurikulum yang disebut kurikulum paradigma baru ini adalah jawaban dari proses pembelajaran di sekolah akibat dampak pandemi covid-19 yang hingga kini belum kunjung usai. Dampak pendemi covid-19 mengakibatkan cara belajar berbeda dan membutuhkan akselerasi adaptasi teknologi pembelajaran, sehingga munculah istilah pembelajaran daring dan atau belajar dari rumah dengan memanfaatkan rumah belajar yang dapat diakses melalui gawai. Sejatinya kurikulum prototipe adalah hasil evaluasi dari kurikulum 2013 yang disederhanakan sebagai dampak pandemi covid-19. Kurikulum ini juga bermakna sebagai opsi tambahan bagi satuan pendidikan untuk melakukan pemulihan pembelajaran di masa pandemi covid-19, oleh karenanya pada Tahun 2020 kurikulum paradigma baru ini akan dievaluasi seiring proses pembelajaran menuju masa kenormalan baru (new normal). Kurikulum prototipe adalah bagian integral dari pengembangan kurikulum 2013, dimana proses pembelajaran menjadi sepenuhnya daring, namun pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik di masa pandemi covid-19 ini dapat tetap berjalan sebagaimana mestinya. Sebagai kurikulum prototipe atau model awal, kurikulum ini akan dievaluasi kembali pada masa-masa kenormalan baru yang kiranya juga mengetengahkan sejauh mana praktik implementasi kurikulum 2013 sebelum akhirnya kurikulum paradigma baru ini dapat diterapkan.
EVALUASI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 2 BANJARMASIN Jessy Aurellia; Mastur Mastur; Rafiudin Rafiudin
J-INSTECH Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/j-instech.v4i1.8701

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana interaksi yang dapat berupa guru, buku ajar, atau lingkungan yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran dari pendidik ke peserta didik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran terdiri atas media cetak, media pameran, media audio, media visual, multimedia, komputer dan jaringan. Tujuan penelitian ini yaitu; (1) mengetahui kelayakan isi dan materi video pembelajaran matematika bangun ruang sisi datar yang dikembangkan oleh UPT BTIKP Kalimantan Selatan, dan (2) mengetahui efektifitas penggunaan video pembelajaran matematika bangun ruang sisi datar. Jenis evaluasi yang digunakan yaitu model Evaluasi Sumatif dengan teknik analisis data yang digunakan yakni Analisis Statistik Deskriptif. Adapun hasil penelitian ini memperoleh nilai sebesar 95,4% dari ahli media, 92,85% dari ahli materi, 85,78% dari uji lapangan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan media dan tingkat efektifitas penggunaan sebesar 85,78% atau tergolong “sangat baik”.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH PADA MATA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SDN SEMANGAT DALAM 3 BATOLA Muhammad Firmansyah Maulana; Agus Salim; Adrie Satrio
J-INSTECH Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/j-instech.v1i2.12055

Abstract

Kurangnya dalam memanfaatkan media pembelajaran mengakibatkan kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran. Permasalahan yang didapat membuat peneliti mencari solusi dengan menghadirkan media pembelajaran sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran berlangsung untuk terciptanya pembelajaran yang berinovasi. Melalui pengembangan media pembelajaran Huruf Hijaiyah dapat menjadi solusi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran Huruf Hijaiyah pada mata pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an materi huruf hijaiyah kelas VI SDN Semangat Dalam 3 Batola, (2) Mengetahui minat belajar peserta didik kelas VI SDN Semangat Dalam 3 Batola setelah menggunakan media pembelajaran Huruf Hijaiyah pada mata pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an materi huruf hijaiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunak model Research and Development (R&D). Menggunakan tahapan prosuder 4-D yaitu mendefinisikan, merancang, mengembangkan,dan mendistribusikan dibuat sesuai kebutuhan. Penelitian ini melibatkan 2 ahli media dan 2 ahli materi. Hasil dari validasi ahli media dan ahli materi dapat diperoleh bahwa media pembelajaran mendapatkan kriteria layak digunakan.
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPS MATERI INTERAKSI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 BANJARMASIN Muhammad Fahmi; Karyono Ibnu Ahmad; Adrie Satrio
J-INSTECH Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/j-instech.v4i2.8849

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni guna membuat dan menilai kelayakan film pembelajaran pada topik IPS sebagai sumber kontak manusia guna memberikan kemajuan pada  hasil belajar siswa kelas tujuh di SMP Negeri 23 Banjarmasin. Penelitian dan pengembangan, yang sering disebut dengan R&D, adalah jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini (R&D). Model Alessi & Trollip berfungsi sebagai model pengembangan referensi penelitian. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa ahli media I dan II memberikan kontribusi persentase dalam pembuatan video pembelajaran interaksi sosial untuk topik IPS. Ahli media I rata-rata 4,4 dengan koefisien 89%, sedangkan ahli media II rata-rata 4,4. Persyaratan kualifikasi masuk pada kategori kriteria “sangat layak” dengan koefisien sebesar 88%. Hasil belajar siswa mendapat kemajuan dari sebelum dengan setelah menggunakan video pendidikan, dimana rata-rata nilai rata-rata siswa berkisar antara 62 hingga 88, menurut ahli mata pelajaran yang memberikan nilai dan mendapat persentase 90%, menempatkannya pada kategori “sangat layak". Sesuai dengan temuan ini maka bisa diambil kesimpulan bahwa media video pembelajaran materi interaksi social termasuk dalam “sangat layak” diterapkan guna mengembangkan hasil belajar.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII MTS Regyna Putri Ramadhan; Hamsi Mansur; Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang
J-INSTECH Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/j-instech.v1i1.3640

Abstract

Penelitian ini bertujuan; 1) Mengembangkan multimedia pembelajaran 2) Mengetahui kelayakan  multimedia pembelajaran, 3) Mengetahui hasil penggunaan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dengan pendekatan konstruktivistik untuk kelas VII di MTs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan research and development (R&D) untuk menghasilkan produk media pembelajaran ini mengadopsi pada model desain Borg and Gall. Hasil penelitian ini adalah : 1) Multimedia pembelajaran ini menunjukan kelayakan yang terbukti dengan persentase rata-rata dari validasi ahli media 94% dan hasil validasi ahli materi 97,5% yang keduanya termasuk dalam kriteria sangat valid. 2) Hasil persentase kemenarikan produk menurut siswa kelas VII MTs menunjukan 95,5%, termasuk kriteria sangat valid. 3) Hasil analisis belajar siswa menggunakan uji N-Gain adalah 0,75 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi. 4) Hasil analisis data penggunaan multimedia pembelajaran melalui rumus uji t-test satu sampel, menghasilkan thitung = 3,650> ttabel = 2,120, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan multimedia pembelajaran dan sesduah menggunakan multimedia pembelajaran. Maka hasil pengembangan yang telah dilakukan mampu meningkatkan hasil belajar.