JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 14 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Analisis Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Multiple Intelligences dalam Menyelesaikan Soal Matematika

Sri Putri Wulandari (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Lussy Midani Rizki (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Adityawarman Hidayat (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan literasi matematis siswa dengan mempertimbangkan keberagaman kecerdasan majemuk. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan 15 siswa dari kelas XI SMA Muhammadiyah Bangkinang dipilih sebagai subjek penelitian berdasarkan dominasi kecerdasan mereka, seperti kecerdasan matematika logis, musikal, dan intrapersonal. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan literasi matematis. Instrumen penelitian meliputi angket kecerdasan majemuk dan tes literasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kecerdasan matematika logis dan intrapersonal berhasil memenuhi ketiga indikator literasi matematis, sementara subjek dengan kecerdasan musikal hanya berhasil memenuhi dua indikator. Hal ini menunjukkan adanya variasi dalam kemampuan literasi matematis tergantung pada jenis kecerdasan majemuk siswa. Implikasinya, pendidik perlu memberikan perhatian khusus pada pengembangan literasi matematis bagi siswa dengan kecerdasan musikal melalui strategi pembelajaran yang lebih terintegrasi dan relevan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...