Tujuan penelitian mengkaji pengaruh LKPD berbasis KPS materi sistem peredaran darah terhadap pengetahuan siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian yakni quasi eksperimen berdesain non equivalent pretest postest control grup design. Penelitian ini bertempat di SMPN 12 Jember dengan populasi kelas VIII adalah 188 siswa. Sample ditetapkan menggunakan metode purposive sampling teknisnya akan dipilih sesuai pertimbangan tertentu. Sampel terpilih kelas VIII C selaku kelas kontrol, kelas VIII B selaku kelas eksperimen. Instrumen utama yang digunakan yakni tes serta non tes, sedangkan instrumen pendukung yakni dokumentasi dan analisis data. Hasil penelitian hipotesis pada hasil belajar pengetahuan dengan Uji Independent Sample T-Test. Hasil uji mendapatkan value Sig.(2-tailed) sejumlah 0.005, (0.005 < 0.5). Hasil uji berdasarkan pedoman pengambilan keputusan maka H0 ditolak serta Ha diterima. Hipotesis yang dihasilkan bermakna adanya perbedaan antara postes hasil belajar pengetahuan kelas eksperimen serta kontrol. Uji kedua dilakukan uji T-pihak kanan yang memperlihatkan t hitung sejumlah 2.894. t tabel didapati dari taraf signifikansi 0.05 pada df 58 menunjukkan ttabel sejumlah 1.671. Nilai thitungĀ  > ttabel , H0 ditolak serta Ha diterima yang berbarti perolehan rerata postes kelas eksperimen lebih baiksiswa dari kelas kontrol. Sehingga, kesimpulannya LKPD berbasis KPS materi Sistem Peredaran Darah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VIII.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023