Al-Mubtadi : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 1 No. 1 (2023)

URGENSI LITERASI DIGITAL BAGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM KONTEKS PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Asrina, Neneng Jessi (Unknown)
Sabarudin, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2023

Abstract

Pendidikan telah berubah dengan sangat cepat, terutama dalam kegiatan pembelajaran. Untuk memenuhi tuntutan kurikulum dan dinamika perkembangan zaman, Integrasi teknologi informasi ke dalam proses pembelajaran sudah menjadi keniscayaan yang harus dilakukan. Pembelajaran tidak lagi terbatas pada ruang kelas seperti halnya pembelajaran konvensional. Namun, itu masih ada dan berjalan, tetapi di era digital saat ini, siswa juga dapat belajar secara virtual atau online. Sudah barang tentu, kemajuan dalam penyelenggaraan pendidikan harus dibarengi dengan persiapan guru untuk mengelola pembelajaran online. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dari hasil studi literatur menunjukkan bahwa guru tidak memiliki literasi digital yang baik atau kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran. Data menunjukkan bahwa sebagian besar guru hanya menggunakan fasilitas wa group (WAG) untuk melakukan pembelajaran daring. Namun, ada fasilitas pembelajaran berbasis online yang lebih ramah dan interaktif, seperti Google Meet, Google Class, dan Zoom Meeting, serta aplikasi media pembelajaran online lainnya yang memungkinkan guru dan siswa berinteraksi satu sama lain selama pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

almubtadi

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Al-Mubtadi: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is a journal published in the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education at the STAI Darul Falah Bandung Barat. This journal is published twice a year in May and November. The focus of this journal contains articles concerning ...