Jurnal Golden Age
Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Golden Age

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS B TAMAN KANAK-KANAK KELAYU JORONG

M. Deni Siregar (Universitas Hamzanwadi)
Ida Bagus Putrayasa (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Nyoman Sudiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa di kelas B taman kanak-kanak. Diamana siswa TK pada dasarnya masih dalam keadaan proses bisa berbicara apa adanya asalkan aktif menyampaikan semua yang diinginkan. Namun ternyata banyak pula siswa yang masih malu, pendiam, dan tidak aktif dalam berbicara, hal inilah yang menunut guru harus aktif dan kreatif dalam meningkatkan motivasi anak dalam berbicara dengan aktif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data observasi dan wawancara dapat disimpulkan hasil penelitian yaitu dengan guru menstimulus agar selalu menceritakan pengalaman atau kejadian yang dialaminya, tetap memberi pujian, kasih sayang, memberikan kegiatan sesuai minat yang membuat anak mampu fokus dalam waktu yang agak lama, sehingga anak-anak memiliki keterampilan dalam berbicara.Kata kunci : Strategi guru dan Keterampilan berbicara

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jga

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Golden Age (e-ISSN 2549-7367) adalah jurnal Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Hamzanwadi yang memuat hasil penelitian yang diangkat dari kajian teoritis dan hasil penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali ...