Salah satu aspek perkembangan anak yang sangat penting dalam pertumbuhan anak adalah aspek fisik motorik, dalam kehidupan sehari-hari aspek fisik motorik sangat dibutuhkan untuk problem solving dan mempersiapkan kesiapan anak dalam memasuki pendidikan tingkat lanjut. Namun demikian, ditemui masih banyak anak yang kemampuan motorik halusnya rendah dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang tidak tepat. Sesuai dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media digital art illustration terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental design jenis One-Group Pre-Test Post-Test Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Participant Observation. Penelitian diawali dengan melakukan tes diawal (pre test), kemudian diberikan perlakuan (treatement) dan diakhiri dengan pemberian test diakhir (post test). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil post test, hal ini menunjukan bahwa media digital art illustration berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B.
Copyrights © 2023