Jurnal Golden Age
Vol. 7 No. 1 (2023): JURNAL GOLDEN AGE

Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di TK GMIT Syaloom Airnona Kota Kupang

Irul Khotijah (Unknown)
Gallex Simbolon (Unknown)
Oktafiani Sunarti Purnama (Unknown)
Sartika Kale (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK GMIT Syaloom Airnona Kota Kupang serta apa saja faktor yang menghambat perkembangan kemandirian anak. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru kelompok B2 dan Kepala Sekolah di TK GMIT Syaloom Airnona. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak di TK GMIT Syaloom Airnona kota kupang sudah sangat baik, dimana guru menjalankan 6 peranan yang dapat membantu mengembangkan kemandirian anak, antara lain; peran dalam memberikan pemahaman positif, Peran dalam membiasakan anak untuk rapi, Peran dalam memberikan permainan, Peran dalam memberikan anak pilihan sesuai dengan minat, Peran dalam membangun komunikasi dengan orangtua anak komunikasi Sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam perkembangan kemandirian anak ada faktor internal (karakter anak yang berbeda) dan faktor eksternal ( pola asuh orangtua dan lingkungan).        Kata kunci: peran guru, kemandirian, anak usia dini

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jga

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Golden Age (e-ISSN 2549-7367) adalah jurnal Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Hamzanwadi yang memuat hasil penelitian yang diangkat dari kajian teoritis dan hasil penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali ...