SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6 No 2 (2023): SeBaSa

PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA PASIEN SKIZOFRENIA BERAT: STUDI KASUS PRAGMATIK KOGNITIF

Sabrina, Azaina Farah (Unknown)
Citraresmana, Elvi (Unknown)
Wagiati, Wagiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelanggaran prinsip kerja sama dalam tindak tutur proses inferensial pada pasien skizofrenia kategori berat di Yayasan Jamrud Biru. Pengidap skizofrenia memiliki gejala waham dan halusinasi yang membuat tuturan mereka terdengar berbeda dari orang normal. Isi tuturan turut didukung oleh gejala flight of ideas yang membuat mereka menyampaikan kata-kata dengan makna yang tidak berhubungan dan topik melompat-lompat. Penelitian ini termasuk dalam penelitian studi kasus deskriptif. Teori yang digunakan adalah prinsip kerja sama milik Grice dan tindak tutur proses inferensial milik Bara dan Bucciarelli. Sumber data berasal dari pasien skizofrenia kategori berat dengan data berupa tuturan yang ia ujarkan saat konseling dengan pekerja sosial dan psikiater. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode simak dengan teknik catat dan rekam, serta metode analisis data dengan menggunakan metode padan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 39 data pelanggaran prinsip kerja sama pasien ketika konseling dengan pekerja sosial dan 15 data pelanggaran prinsip kerja sama pasien ketika konseling dengan psikiater. Prinsip kerja sama yang dominan dilanggar adalah maksim kuantitas dan maksim relevansi, sedangkan tindak tutur proses inferensial yang dominan digunakan adalah tindak tutur langsung dan tindak tutur ironi.Kata kunci: Leksikon Mental, Pelanggaran, Skizofrenia, Tindak Tutur Proses Inferensial

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sbs

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

SEBASA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah berkala ilmiah yang dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Hamzanwadi. Jurnal ini menerima artikel dari dosen, peneliti, mahasiswa, atau pemerhati yang berupa hasil penelitian, hasil ...