SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6 No 2 (2023): SeBaSa

Meningkatkan Kemampuan Analisis Struktur Pidato dengan Metode Inquiry/Discovery pada Siswa Kelas IX B SMPN 1 Selong Tahun 2021/2022

Islahuddin, Islahuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis struktur pidato dengan metode Inquiry/Discovery pada siswa kelas IX B SMPN 1 Selong tahun pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) tahap perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) Observasi dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah berupa LKPD dan rubrik penilaian untuk mengetahui kemampuan analisis struktur pidato dan pedoman observasi untuk mengamati proses pembelajaran (tindakan). Keberhasilan tindakan ditentukan dengan melihat peningkatan nilai rata-rata kemampuan menganalisis struktur pidato persuasif pada siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan skor rata-rata menganalisis struktur pidato persuasif sebesar 71 pada siklus I menjadi 78   pada siklus II. Dalam peningkatan aktivitas, terbukti secara signifikan, yaitu skor rata-rata aktivitas pada siklus I, yaitu sebesar 2,65 meningkat menjadi 3,75 pada siklus II. Penggunaan metode Inquiry/Discovery dapat meningkatkan kemampuan menganalisis pidato persuasif dan mutu pembelajaran pada siswa kelas IX SMPN 1 Selong Tahun Pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sbs

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

SEBASA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah berkala ilmiah yang dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Hamzanwadi. Jurnal ini menerima artikel dari dosen, peneliti, mahasiswa, atau pemerhati yang berupa hasil penelitian, hasil ...