Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Acvtive Learning pada Muatan IPA Siswa Kelas V

Muhammad Rudi Aprizal (Universitas Hamzanwadi)
Mijahamuddin Alwi (Universitas Hamzanwadi)
Arif Rahman Hakim (Universitas Hamzanwadi)
Husnul Mukti (UNIVERSITAS HAMZANWADI)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Acvtive Learning Pada Muatan IPA Untuk Siswa Kelas V di SDN 1 Semaya Tahun Ajaran 2020/2021, penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D tahapan disederhanakan menjadi 3 yaitu, pendefinisian, perancangan dan pengembanagan. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V Sekolah Dasar dengan jumlah 19 siswa. Instrumen pengembangan ini menggunakan lembar validasi, angket responden siswa. Hasil validasi ahli materi dengan jumlah skor 48 yang termasuk dalam rentang skor 41 < X ≤ 50 dengan kategori “BAIK” sedangkan ahli tampilan mendapatkan skor 25 yang termasuk dalam rentan skor 20 < X ≤ 25 dengan ketegori “BAIK” dan hasil dari angket respon peserta didik terhadap keefektifan penggunaan bahan ajar (LKPD) yang di kembangkan mendapatkan skor rata-rata 60.78 yang termasuk dalam rentang skor 51 < X ≤ 63 dengan kategori “BAIK”. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembanagan bahan ajar (LKPD) berbasis active learning pada muatan IPA siswa kelas V SDN 1 Semaya ini sangat baik dan efektif untuk digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023