MENTARI : Journal Of Islamic Primary School
Vol 1 No 4 (2023): December 2023

PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 MI HAYYA ALAL FALAH

Septiansyah, Jerry (Unknown)
Rosyidah, Binti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2023

Abstract

Strategi dalam mengembangkan kemampuan kreativitas serta menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa merupakan sebuah tanggung jawab utama dalam pendidikan. Disinilah peran guru sangat penting untuk menciptakan suatu pembelajaran yang menyenangkan melalui model pembelajaran, supaya pembelajaran tidak monoton dan siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut ditemukan bahwa pentingnya model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kreativitas siswa, salah satunya model pembelajaran yang digunakan yaitu Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah pelaksanaan model Project Based Learning pada mata pelajaran Tematik, dan pengaruh model Project Based Learning terhadap kreativitas siswa kelas 2 pada mata pelajaran Tematik di MI Hayya Alal Falah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data numerik yang dapat diolah dengan menggunakan metode statistik. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah ex-post facto. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan meliputi angket Project Based Learning dan angket kreativitas siswa. Pengujian validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi dan pengujian reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Sedangkan uji analisis data menggunakan uji signifikansi korelasi. Hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t, didapat thitung = 6,522. Kemudian dicari ttabel dengan dk = n-k-1, dk = 19-1-1 = 17 pada taraf signifikan 5% (0,05) maka dari table distribusi t di peroleh nilai ttabel = 2,110. Maka hasilnya 6,522 > 2,110 dengan demikian diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa Project Based Learning mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kreativitas siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ment

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Mentari : Journal of Islamic Primary School is a double-blind peer-reviewed journal published by the Study Program of Education for Islamic Elementary School Teachers , Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ula Kertosono Nganjuk. The journal publishes research articles of Islamic primary ...