Madaniya
Vol. 5 No. 2 (2024)

Penguatan Kompetensi Guru SD dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca dan Digital Siswa

Ambar Winarni (Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto)
Dian Mustikasari (Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Kemampuan literasi membaca dan digital merupakan hal yang saling berkaitan dan satu kemampuan kognitif yang diutamakan penguasaannya dalam AKM. Berbagai jenis media pembelajaran yang mengikuti perkembangan digitalisasi dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi. Masih rendahnya kemampuan literasi membaca dan digital siswa berkaitan dengan masih belum maksimalnya kemampuan guru dalam memahami, mengimplementasikan dan mengintegrasikan literasi membaca dan digital. Dengan adanya masalah tersebut, salah satu solusi yang ditawarkan adalah penguatan kompetensi guru-guru SD dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi membaca dan digital siswa diberikan melalui kegiatan PKM di lingkungan Kelompok Kerja Guru (KKG) Ki Hadjar Dewantara Kecamatan Kembaran, Banyumas. Diharapkan melalui kegiatan pelatihan ini dapat membantu guru-guru dalam meningkatkan kompetensinya, khususnya dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca dan digital siswa, Metode pelaksanaan kegiatan yaitu Persiapan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Hasil Kegiatan menunjukkan bahawa terjadi peningkatan terhadap kompetensi guru terkait memahami, mengimplementasikan dan mengintegrasikan literasi membaca dan digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...