Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 13 No. 1 (2024): Maret 2024

Pemberian Scaffolding dalam Pemecahan Masalah Kontekstual pada Topik Trigonometri Berdasarkan Tahapan Kastolan

Ni Putu Riska Utari (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Kadek Adi Wibawa (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
I Made Wena (Universitas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang banyak memberikan kontribusi dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, masih banyak ditemukan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika salah satunya pada soal trigonometri kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya kesalahan dan apa penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA PGRI 4 Denpasar dengan jumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada soal trigonometri adalah kesalahan konseptual dilakukan sebanyak 39,34%, kesalahan prosedural sebanyak 24,6%, kesalahan teknikal sebanyak 36,06%. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa adalah terlalu terburu-buru dalam menyelesaikan soal yang diberikan, kurang teliti dalam menghitung, tidak fokus dalam mengerjakan soal yang diberikan, kurang teliti dalam memasukkan data pada soal, kurang memanfaatkan waktu dengan baik saat mengerjakan soal, ketidakpahaman siswa dalam mengerjakan soal, tidak memeriksa kembali pekerjaannya sebelum dikumpulkan. Untuk kesalahan konseptual, kecendrungan bentuk scaffolding yang diberikan yaitu explaining dan reviewing. Untuk kesalahan prosedural, kecendrungan bentuk scaffolding yang diberikan yaitu explaining, reviewing, resctucturing dan developing conseptual thinking. Untuk kesalahan teknikal, kecendrungan bentuk scaffolding yang diberikan yaitu explaining, reviewing, dan resctucturing

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...