Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial
Vol. 3 No. 3 (2023): Juli

Implementasi Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Bagi Generasi Milenial

Salwa Siti Sa’aadah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dinie Anggraeni Dewi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2024

Abstract

Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang menjadi pedoman kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari di lingkungan masyarakat. Penulisan ini memiliki tujuan untuk mengetahui perilaku generasi milenial saat ini terhadap implementasi nilai-nilai yang ada dalam Pancasila. Metode yang digunakan merupakan kajian literatur dan analisis isi dari buku, jurnal, serta sumber-sumber lain yang dapat dipertanggungjawabkan. Nilai-nilai Pancasila yang seharusnya menjadi pedoman hidup masyarakat sudah mulai luntur dan ditinggalkan. Generasi milenial saat ini lebih tertarik akan hal-hal baru yang belum tentu memiliki nilai yang sesuai dengan Pancasila. Jika hal ini terus dibiarkan, maka nilai-nilai Pancasila akan digantikan oleh ideologi baru yang akan menyebabkan terjadinya perubahan perilaku masyarakat. Menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi milenial membutuhkan pendekatan khusus dan tidak boleh memaksa. Hal ini tentunya akan menumbuhkan minat dan membuka pemikiran generasi milenial. Penulis menjelaskan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial dapat ditumbuhkan melalui pendidikan. Pendidikan Pancasila diharapkan mampu menumbuhkan kembali perilaku masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

konstruksi-sosial

Publisher

Subject

Arts Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial adalah jurnal penelitian dengan akses terbuka dengan peer-review cepat, yang menerbitkan karya dari berbagai bidang, termasuk antropologi, kriminologi, ekonomi, pendidikan, geografi, sejarah, linguistik, ilmu politik, psikologi, kebijakan sosial, ...