Jurnal Pendidikan Sang Surya
Vol. 10 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Sang Surya

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Muhammad Hasanul Muna (UNIVERSITAS PGRI SEMRANG)
Rasiman (Pascasarjana Universitas PGRI Semarang)
Lukman Harun (Pascasarjana Universitas PGRI Semarang)
Masruhan Mufid (Pascasarjana Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 menekankan pentingnya mengembangkan keterampilan siswa, termasuk dalam mata pelajaran matematika. Namun, hasil belajar matematika di Indonesia masih rendah, terutama karena pendekatan pembelajaran yang kurang efektif dan beragam. Penelitian ini menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) dengan dukungan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Kontekstual pada Materi Barisan dan Deret untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui penelitian tindakan kelas di SMK N 07 Semarang, hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pencapaian siswa. Dari hanya 22,2% siswa yang mencapai ketuntasan minimal sebelumnya, peningkatan pesat terjadi setelah menerapkan PBL dengan LKPD, mencapai 86,1% pada siklus kedua. Hasil ini menunjukkan potensi besar model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Integrasi PBL dengan LKPD berbasis kontekstual disarankan dalam kurikulum untuk meningkatkan hasil belajar secara menyeluruh dengan memperhatikan pelatihan guru dan pengembangan materi yang sesuai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpss

Publisher

Subject

Education

Description

1.Pengembangan dan penerapan kurikulum dalam proses pembelajaran; 2.Kegiatan dan proses dalam pembelajaran; 3.Evaluasi dan hasil pembelajaran; 4.Kebijakan, manajemen dan pembiayaan pendidikan; dan 5.Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses ...