Jambura Arena of Physical Education and Sports
Vol 2, No 1 (2023): April

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POLA GERAK DOMINAN TERHADAP HASIL BELAJAR FORWARD ROLL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Zulkifli Lamusu (UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran pola gerak dominan terhadap hasil belajar forward roll siswa kelas IV sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo yang berjumlah 14 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu uji t dengan perolehan skor data variabel X1 tertinggi adalah 80, dan skor yang terendah yaitu 40. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 60 dan nilai varians sebesar 246.2 serta standar deviasi sebesar 15.69. Selanjutnya pada data variabel X2 diperoleh skor tertinggi 100 dan skor terendah 60. Setelah dilakukan analisis diperoleh skor rata-rata 88.57 sedangkan nilai varians sebesar 167.03 dan niai standar deviasi sebesar 12.92. Dari skor di atas di peroleh harga  = 10.42 dan  pada α 0,05; dk = n- 1 (14 – 1 = 13) ditemukan harga 3.01 dengan demikian lebih besar dari  (  = 10.42  = 3.01). Berdasarkan kriteria pengujian, terima   jika . Dengan demikian maka dapat disimpukan bahwa model pembelajaran pola gerak dominan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar forward roll.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japes

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jambura Arena of Physical Education and Sports JAPES is a peer reviewed journal published by Physical Education, Healt and Recreation program JAPES published two times a year in April and October This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely ...