Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran pola gerak dominan terhadap hasil belajar forward roll siswa kelas IV sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo yang berjumlah 14 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu uji t dengan perolehan skor data variabel X1 tertinggi adalah 80, dan skor yang terendah yaitu 40. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 60 dan nilai varians sebesar 246.2 serta standar deviasi sebesar 15.69. Selanjutnya pada data variabel X2 diperoleh skor tertinggi 100 dan skor terendah 60. Setelah dilakukan analisis diperoleh skor rata-rata 88.57 sedangkan nilai varians sebesar 167.03 dan niai standar deviasi sebesar 12.92. Dari skor di atas di peroleh harga = 10.42 dan pada α 0,05; dk = n- 1 (14 – 1 = 13) ditemukan harga 3.01 dengan demikian lebih besar dari ( = 10.42 = 3.01). Berdasarkan kriteria pengujian, terima jika . Dengan demikian maka dapat disimpukan bahwa model pembelajaran pola gerak dominan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar forward roll.
Copyrights © 2023