Senam kreasi merupakan gerakan yang dilakukan untuk menyalurkan rasa seni atau rasa keindahan yang dilakukan dengan diiringi irama musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama, Senam kreasi “Aku Tauno Rlipu” merupakan senam yang menarik dan riang gerakannya. Gerakan-gerakan dalam Senam “Aku Tauno Rlipu” telah dibuat sedemikian rupa oleh para ahli senam dan senam ini merupakan bagian dari senam umum, tetapi baik untuk pelajar dan anak-anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RD dengan model ADDIE serta menggunakan dua anilisis teknik pengumpulan data yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil rekapan dari uji hipotesis dari aspek kognitif, aspek psikomotor, dan aspek afektif dengan syarat Berdasarkan kriteria pengujian bahwa tolak Ho ; jika thitung ttabel (3,51;Aspek Kognitif 4,67;Aspek Psikomotor dan 3,33;Aspek Afektif) lebih besar dari 1,70 pada α = 0,05; n-1, oleh karena itu hipotesis alternatif atau Ha dapat diterima karena harga t hitung telah berada diluar daerah penerimaan Ho (Hipotesis Nol), sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan permainan tradisional kalari di SMP Negeri Bukal pada aspek kognitif, psikomotor, dan afektif dapat diterima dan digunakan pada proses pembelajaran Penjasorkes.Creative gymnastics is a movement that is carried out to channel a sense of art or a sense of beauty that is carried out to the accompaniment of music or free exercises performed rhythmically. The movements in Gymnastics "Aku Tauno Rlipu" have been made in such a way by gymnastics experts and this gymnastics is part of general gymnastics, but good for students and children. The method used in this research is RD with the ADDIE model and uses two data collection techniques analysis, namely qualitatively and quantitatively. The results of the recap of the hypothesis test from the cognitive aspect, psychomotor aspect, and affective aspect with the condition Based on the test criteria that reject Ho; if tcount ttable (3.51; Cognitive Aspect 4.67; Psychomotor Aspect and 3.33; Affective Aspect) greater than 1.70 at = 0.05; n-1, therefore the alternative hypothesis or Ha can be accepted because the t-count value is outside the Ho acceptance area (Nil Hypothesis), so it can be stated that the development of the traditional game of kalari at SMP Negeri Bukal on cognitive, psychomotor, and affective aspects is acceptable. and used in the Physical Education learning process.
Copyrights © 2022