Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION)
Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Maret 2020

PENGARUH PENERAPAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS XI IPA

Desi Nilasari (FP MIPA Institut Tapanuli Selatan)
Lia Purnama Sari (Unknown)
Lukman Hakim Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan bahan ajar fisika berbasis pendekatan saintifik terhadap kompetensi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Batangtoru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Postest-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batangtoru yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 105 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simpel random sampling sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 71 siswa. (1)Gambaran penerapan bahan ajar fisika berbasis pendekatan saintifik di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batangtoru melalui angket respon siswa terhadap bahan ajar fisika berbasis pendekatan saintifik diperoleh skor rata-rata 77,61% dengan kategori “sangat baik”. Artinya bahan ajar berbasis pendekatan saintifik ini menghasilkan respon yang positif bagi siswa. (2) Berdasarkan data yang didapatkan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 77,92 dengan kategori “B+” dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 72,14 dengan kategori “B-“. (3)Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan bahan ajar fisika berbasis pendekatan saintifik terhadap kompetensi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Batangtoru. Hal ini dibuktikan denga pengujian hipotesis postest kelas kontrol dan eksperimen diperoleh signifikansi 0,001 < 0,05. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SENAR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Physics Other

Description

Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) adalah wahana komunikasi dan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian terkini dari mahasiswa, dosen, guru, serta masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap perkembangan penelitian Pendidikan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh Pendidikan Fisika, Fakultas ...