JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD
Vol 5, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Cahaya Paud (Edisi November)

Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui APE Puzzle Pada Usia 4-5 Tahun Di TK Pembina 02 Jambula Kota Ternate

Bahran Taib (Universitas Khairun)
Nurhamsa Mahmud (Universitas Khairun)
Rita Samad (Universitas Khairun)
Sartika Topina (Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2023

Abstract

Abstrak: Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memahami penggunaan dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui APE Puzzle pada usia 4-5 tahun di TK Pembina 2 Jambula Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dengan masing-masing empat tahap yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri atas 6 anak kelas A TK Pembina 02 Jambula Kota Ternate. Hasil Penelitian yang diperoleh yakni kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan melalui media APE Puzzle pada aspek kelancaran berbicara anak dan artikulasi kata anak. Besar peningkatan dengan jumlah nilai rata-rata 52.08% pada siklus I dan jumlah nilai rata-rata 81.25% pada siklus II. Oleh karena itu, kemampuan berbicara anak dapat ditingkatkan melaui penggunaan media APE Puzzle.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cahayapd

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Cahaya Paud adalah jurnal hasil penelitian lapangan, studi teoritis, ide-ide kreatif-inovatif, solutif, untuk masalah pendidikan anak usia dini dan pengembangan pengetahuan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud adalah Jurnal bidang ke-paud-an yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Anak ...