Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan senam irama terhadap kemampuan kinestetik anak usia dini kelompok B di TK PGRI Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode eksperimen ini adalah metode yang mencari pengaruh terhadap sesuatu antara sebab dan akibat yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan jenis Pre Eksperimental Designs dengan design One Group Pretest-Posttest Designs. Populasi penelitian ini adalah anak-anak kelompok B yang berjumlah 14 anak di TK PGRI Tanjung Batu. Observasi dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan senam irama terhadap kemampuan kinestetik anak usia dini kelompok B. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang dilakukan peneliti di TK PGRI Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, dengan subjek penelitian 14 peserta didik yang dimana tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan senam irama terhadap kemampuan kinestetik anak pada kelompok B, yang diperoleh thitung = 5,806 sedangkan dk = 14-1=13 dengan taraf 5% sehingga didapat ttabel = 1,245 karena thitung ttabel (5,806 1,245). Maka Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak ada pengaruh kegiatan senam irama terhadap kemampuan kinestetik anak kelompok B di TK PGRI Tanjung Batu, Kebupaten Ogan Ilir. Kegiatan senam irama yang sudah peneliti lakukan tidak berpengaruh di TK tersebut, dimana anak-anak tersebut baru pertama kali melakukan kegiatan senam ini. Hal ini dikarenakan TK tersebut hanya fokus kepada calistung (membaca, menulis dan berhitung) sehingga selama kegiatan penelitian berlangsung anak-anak antusias mengikuti kegiatan penelitian sampai dengan selesai. Kegiatan mengembangkan kemampuan kinestetik anak akan terus dilanjutkan oleh tenaga pendidik di TK PGRI, dimana peneliti sudah memberikan alat dan bahan untuk membantu pendidik dalam mengembangkan kemampuan kinestetik anak usia dini.
Copyrights © 2024