Abstrak: Tujuan makalah pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk memperkenalkan usaha ekonomi kreatif UMKM Taracung beserta faktor-faktor pelancar dan penghambat berkembangnya usaha tersebut serta membantu mengangkat kembali aksara Incung ini kepermukaan sehingga kembali dikenal oleh masyarakat terutama Masyarakat kabupaten Kerinci, Indonesian. Selain itu, artikel ini juga berupaya menanamkan kembali kesadaran kepada segenap masyarakat Jambi akan arti penting dari warisan budaya salah satu kabupaten yang kaya akan sumber daya alam serta artefak kebudayaan dimana salah satu yang paling terkenal adalah Aksara Incung. Partisipan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah seorang wanita pengusaha muda berinisial HS, mahasiswi semester akhir Universitas Jambi, yang merupakan pemilik usaha tas aksara Incung. Hasil wawancara langsung dari para penulis artikel dengan HS diketahui bahwasannya faktor-faktor pelancar usaha tas Aksara Incung yang telah dijalaninya selama kurang lebih tiga tahun ini yaitu relasi atau kenalan, teknologi (media sosial) berperan penting dalam memperluas jaringan promosi serta dengan memanfaatkan event-event yang diselenggarakan di kota Jambi untuk memperkenalkan usaha tas aksara Incung. Adapun faktor-faktor penghambat usaha ini misalnya sarana dan prasarana pendukung, soliditas pekerja turut berkontribusi menjadi faktor penghambat, dan masalah permodalan.
Copyrights © 2024