Jurnal Pendidikan Anak
Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Anak

Analisis Kebijakan PSBB dalam Proses Pembelajaran di PAUD Terpadu Az-Zahra Tegalrejo Yogyakarta

Siti Nurakhmaliyah (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Imam Mawardi (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

         Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan informasi terkait proses pembelajaran di Paud terpadu Az-Zahra terkait dengan adanya kebijakan PSBB yang diterapkan pemerintah melalui surat keputusan bersama empat kementerian tentang Proses pembelajaran jarak jauh yang dikarenakan terjadinya Covid-19 yang melanda hampir seluruh Negara belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dan pengumpulan data menggunakan hasil dokumentasi, buku referensi dan juga jurnal ilmiah yang berkaitan dengan topik. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam menjalankan kebijakan pembelajaran akibat pandemic covid 19 PAUD Terpadu Az-Zahra menerapkan langkah-langkah yaitu: (1) Dalam proses pembelajaran secara online akan diinformasikan melalui grup whatsapp pada masing-masing kelas yang diampu setiap guru, (2) Guru akan membuat video pembelajaran sebagai penguatan dalam tugas yang akan dilakukan anak bersama orangtua di rumah (3) Orangtua mengambil bahan kreativitas kegiatan anak di sekolah setiap hari senin, (4) Orangtua mengumpulkan hasil kreativitas anak atau dokumentasi kegiatan anak selama belajar dari  rumah dengan mengirimkan photo atau video ke WhatsApp Group kelas masing-masing, dan  (5) Bagi orangtua yang tidak berkenan untuk pembelajaran online guru datang ke rumah (home visit)  sesuai dengan jadwal yang disepakati bersama. Terdapat faktor penghambat yang lebih banyak dalam mengimplementasikan proses pembelajaran baik secara online maupun home visit daripada faktor pendukungnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...