Jurnal Pendidikan Anak
Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak

Pembelajaran Menggambar Berbasis Cerita di Taman-kanak

Prayitno Prayitno (Jurusan PAUD FIP Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Cerita merupakan salah satu hal yang sangat disukai anak-anak, apalagi cerita yang disampaikan bertema yang disukai anak-anak. Ketika anak-anak menggambar dan mewarnai, cerita berfungsi sebagai media anak untuk mengungkapkan serta mengekspresikan hasil karya gambarnya. Tujuan penulisan artikel penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan atau menggambarkan bagiamana pembelajaran menggambar berbasis cerita di salah satu sekolah TK swasta di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode evaluatif. Fokus kajian penelitian ini meliputi desain pembelajaran, proses pembelajaran dan hasil dari pembelajaran menggambar berbasis cerita. Desain pembelajaran yang dibuat supaya anak bisa mengenal karakteristik binatang khususnya binatang yang bisa terbang, hal ini diekspresikan melalui gambar dan imajinasi anak. Proses pembelajaran ini bisa dijadikan referensi serta dapat membantu guru dalam menyampaikan pelajaran, karena dengan media cerita pelajaran akan lebih mudah diserap oleh anak. Hasil dari pembelajaran ini dapat meningkatkan anak terutama level taman kanak-kanak dalam mengembangkan daya imajinasi dan menghasilkan karya gambar yang bervariatif sesuai dengan gaya gambar masing- masing anak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...