Jurnal Pendidikan Anak
Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Anak

STUDY DESKRIPTIF PROSES MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI

Adharina Dian Pertiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2016

Abstract

Membaca permulaan adalah kemampuan bahasa reseptif yang dilalui anak usia dini untuk mempersiapkan ketrampilan membaca anak sebelum memasuki sekolah dasar. Proses membaca permulaan distimulasikan kepada anak sesuai tahapan yang baik, yaitu seperti pengenalan pada huruf vokal dan konsonan kemudian mengeja atau menggabungkan bunyi huruf, suku kata maupun kata sederhana pada anak. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui study penelitian deskriptif kemampuan membaca permulaan pada anak TK Kelompok B. Jenis study penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data pada study penelitian deskriptif ini menggunakan teknik observasi dengan menggunakan instrumen penelitian lembar observasi checklist. Hasil study penelitian deskriptik ini digunakan untuk menggambarkan kemampuan membaca permulaan pada anak TK Kelompok B. Kemampuan membaca permulaan pada anak TK Kelompok B menunjukkan hasil Berkembang Sesuai Harapan (BSH).Kata kunci: kemampuan, membaca permulaan, kelompok B

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...