Jurnal Pendidikan Anak
Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak

Permainan Tradisional Gorontalo Ponti dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter Anak Usia 5-6 tahun

Nur Fauziah Lumbin (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)
Ratih Yakob (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)
Nirmala Daud (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)
Rahmawati Yusuf (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)
Rianti Rianti (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)
Puspa Ardini (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
27 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas adanya tingkat kecanduan terhadap permainan modern pada anak sangat tinggi sehingga berpengaruh pada kebiasaan dan perilaku anak. Dampak yang terjadi pada anak ketika kecanduan bermain games diantaranya menurunnya nilai karakter yang terbangun pada diri anak karena belum sepenuhnya menyerap informasi dengan baik. Oleh karena itu penting sekali membangun kembali permainan tradisional pada anak untuk menumbuhkan karakter sedini mungkin. Penelitian ini digunakan untuk membangun kembali permainan tradisional di kota Gorontalo berupa permainan Ponti dalam menumbuhkan karakter anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian etnografi dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data dianalisis dan dan dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dari uji coba permainan Ponti yang dimainkan oleh dua atau lebih anak usia 5-6 tahun. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional Gorontalo berupa ponti dapat menumbuhkan karakter anak seperti adanya nilai kebersamaan, nilai sosial, nilai kedisplinan, nilai ketangkasan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...