Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIAD
Vol 1 (2022): Volume 1 Tahun 2022

Penerapan Media Board Game dalam Pembelajaran Terintegratif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Nana Harlina, Haruna (Unknown)
Muhammad Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2022

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SD Inpres 3/77 Tungke Kecamatan Bengo Kabupaten Bone yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui Penerapan Media Board Game dalam Pembelajaran Terintegratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Inpres 3/77 Tungke pada semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh setelah diberikan tindakan yaitu: Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah sebanyak 12 orang atau sebesar 41,38%,. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas dalam belajar sebaanyak 26 orang atau sebesar 89,66%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II dari ketuntasan klasikal sebesar 80%. Dari hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa Kelas V SD Inpres 3/77 Tungke setelah diterapkan media Board Game dalam Pembelajaran Terintegratif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENTIKJAR

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai terbit 1 kali setahun sejak 2022, diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Ahmad Dahlan. Prosiding ini merupakan media publikasi onlina hasil-hasil seminar nasional maupun internasional, ...