JAPB
Vol. 5 No. 1 (2024)

PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 1 ILE BOLENG

Fransiskus Xaverius Sabon Taka (Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka)
Alfonsus Mudi Aran (Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka)
Krisantus Minggu Kwen (Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul”Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik di SMPN 1 Ile Boleng”.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Kompetensi Profesional guru terhadap keaktifan belajar peserta didik di SMPN 1 Ile Boleng, (2) mengetahui pengaruh Kompetensi pedagogik guru terhadap keaktifan belajar peserta didik di SMPN 1 Ile Boleng, (3) mengetahui Kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik di SMPN 1 Ile Boleng.Jenis penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode deskriptif.Lokasi penelitian di SMPN 1 Ile Boleng.Populasi dalam penelitian ini adalah 41 peserta didik yakni kelas VII dan VII.Data dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara Analisis menggunakan metode deskriptif dan statistik inferensial yaitu regresi linear berganda.Pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t memakai aplikasi SPSS versi 16. Hasil menujukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional terhadap keaktifan belajar dengan hasil nilai thitung sebesar 2,044 ? ttabel 2,042. (2) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap keaktifan belajar dengan hasil nilai thitung sebesar 2,101 ? ttabel 2,042. (3) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional dan pedagogik secara simultan terhadap keaktifan belajar dengan hasil fhitung 7,795 ? ftabel 3,30, sehingga Ho ditolak dan Ha3 diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

japb

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal JAPB yang dikelolah oleh LPPM STP Reinha Larantuka diterbitkan dua kali dalam setahun dan mencakup ilmu pendidikan agama ...