Cenderawasih Journal of Counseling and Education
Vol 2 No 1 (2023): Cenderawasih Journal of Counseling and Education

Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih Provinsi Papua

Mataputun, Yulius (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis gaya belajar (visual, auditori, kinestetik, global, dan analitik) mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Pendidikan FKIP UNCEN Angkatan 2021/2022 & 2022/2023. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif deskriptif dengan mengambil sampel total yakni mahasiswa angkatan 2021/2022 berjumlah 18 orang dan angkatan 2022/2023 57 orang mahasiswa. Penjaringan data melalui angket sifatnya tertutup. data dianalis dengan statistic deskriptif yaitu dengan persentae(%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya mahasiswa program Studi S1 Manajemen Pendidikan FKIP UNCEN angkatan 2021/2022 & 2022/2023 bergaya belajar analitik. Lebih dari separoh (52 % mahasiswa angkatan 2021/2022 bergaya belajar analitik; 44 % bergaya belajar kinestetik; 40 % bergaya belajar auditori; 38% bergaya belajar global; dan 32% bergaya belajar visual. Sedangkan mahasiswa angkatan 2022/2023 juga memiliki persentase yang relatif sama, yanitu lebih dari separoh (58 %) mahasiswa bergaya belajar analitik; 49 % gaya belajar auditori; 48 % gaya belajar kinestetik; dan 42 % bergaya visual dan global.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOGC

Publisher

Subject

Education Public Health Other

Description

Cenderawasih Journal of Counseling and Education focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments in the fields of Psychology, Counseling, Education, and Psychotheraphy in a cross settings. The scope of this journal encompasses to ...