Motekar: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 1 No 1 (2024): Januari

Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari Tangan Pada Anak Usia Dini

Usep Dimyati (Universitas Muhammadiyah Bandung)
Esty Faatinisa (Universitas Muhammadiyah Bandung)
Taufik Maulana (Universitas Muhammadiyah Bandung)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2024

Abstract

Kemampuan bahasa ekspresif merupakan kemampuan berbicara dan menuliskan informasi. Kemampuan berbicara anak dapat dikembangkan dengan cara bermain, karena dengan bermain anak akan mendapatkan pengalaman belajar yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan bahasanya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelas B, berjumlah 15 orang. Penelitian dilakukan 2 siklus setiap siklus 2 kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Siklus I pada umumnya terlihat masih rendah. Setelah dilakukan perbaikan dengan menambah media, siklus II mengalami peningkatan mencapai persentase yang diinginkan. Disimpulkan melalui metode bercerita menggunakan boneka jari tangan dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

motekar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

MOTEKAR is a Journal of Early Childhood Islamic Education published by the Early Childhood Islamic Education Study Program at Universitas Muhammadiyah Bandung, West Java, Indonesia. MOTEKAR is a scientific publication that focuses on research, knowledge and practice related to early childhood ...